Kompas.com - 02/07/2015, 14:42 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Hampir 11.000 pasien klinik gigi di Australia dikhawatirkan tertular HIV dan hepatitis karena alat-alat yang kurang steril di klinik tersebut. Ribuan pasien tersebut diminta untuk segera menemui dokter.

Pejabat kesehatan di New South Wales mengatakan 12 dokter gigi dari empat klinik didakwa akibat kebersihan yang kurang baik dan peralatan yang kurang steril. Pasien yang pernah ditangani oleh para dokter gigi tersebut diminta untuk melakukan tes HIV dan Hepatitis A,B, dan C, sebagai tindakan pencegahan.

Meski sampai saat ini belum ditemukan kasus dan kemungkinan penularannya rendah, tapi tetap ada kekhawatiran pada pasien yang melakukan prosedur invasif.

"Penting untuk menekankan bahwa sejauh ini tidak ada bukti infeksi dan penularan, tapi para pakar mengingatkan bahaya penularan dari fasilitas klinik itu," kata Jeremy McAnulty direktur pencegahan penyakit di New South Wales.

Kecemasan muncul karena alat-alat yang dipakai tidak dibersihkan dan disterilkan dengan benar sehingga ada kemungkinan penularan penyakit melalui gusi.

Ketakutan tertular penyakit ini pertama kali muncul dari keluhan salah satu pasien yang melakukan tindakan pemasangan kawat gigi di klinik pada November 2014.

Hasil audit menunjukkan ada masalah pada proses pembersihan, sterilisasi, dan penyimpanan alat-alat kedokteran yang tidak sesuai dengan standar.

Sejauh ini 6 dokter gigi telah dilarang berpraktik dan 6 orang dokter lainnya mungkin dicabut lisensinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.