Kompas.com - 05/07/2015, 14:00 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com -anak termasuk bayi rentan mengalami infeksi telinga. Namun, karena belum bisa berbicara jelas, seringkali bayi tak dapat mengungkapkan jika ada sesuatu yang membuatnya tak nyaman atau terasa sakit.

Cara termudah untuk mengetahui apakah bayi mungkin memiliki infeksi telinga adalah dengan mengamati perubahan suasana hatinya. Contohnya bayi menjadi rewel, mulai menangis lebih banyak dari biasanya, atau gelisah. Bisa juga muncul demam (baik demam ringan maupun tinggi). Berikut ciri infeksi telinga pada bayi:

-  Bayi sering menarik-narik telinganya. Ini bisa menjadi tanda, tapi tidak mutlak menjadi ciri infeksi telinga pada bayi.

-  Diare atau muntah. Sebab, virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi telinga juga dapat memengaruhi saluran pencernaan.

-  Nafsu makan berkurang. Selain dapat menyebabkan gangguan pencernaan, infeksi telinga juga dapat membuat bayi kesakitan saat mengunyah dan menelan. Atau bila bayi masih mengonsumsi ASi, ia terlihat lebih sering menarik diri dari payudara atau botol.

-  Tampak sebuah cairan kuning atau keputihan mengalir dari telinga. Ini merupakan tanda pasti bahwa bayi mengidap infeksi. Hal ini akibat adanya lubang kecil yang muncul di gendang telinga. Namun jangan khawatir, ini akan sembuh sendiri setelah infeksi diobati. Bila muncul ciri infeksi telinga pada bayi, segera bawa bayi ke dokter.

-   Muncul bau yang tidak sedap dari telinga si bayi.

-   Bayi sulit tidur dan gelisah, karena berbaring dapat membuat infeksi telinga lebih menyakitkan.

Untuk diketahui, infeksi telinga adalah gangguan kesehatan terbesar kedua yang sering menyerang bayi setelah batuk-pilek. Sekitar 50 persen bayi setidaknya pernah mengalami satu kali infeksi telinga sebelum mencapai usia 1 tahun, dan sebagian besar memiliki setidaknya satu infeksi telinga setelah ulang tahun pertama.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.