Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2015, 18:20 WIB


KOMPAS.com
- Olahraga memainkan peran penting dalam perjalanan penurunan berat badan, tapi bagaimana Anda mengisi “bahan bakar” tubuh juga tak kalah penting. Jika Anda siap untuk membuat perubahan gaya hidup yang baru dan siap untuk berhenti menganggap bahwa Anda harus berjuang, berikut ini adalah rahasia mudah yang bisa Anda lakukan setiap hari dan akan Anda rasakan hasilnya.


1. Berhenti menganggap bahwa Anda harus membatasi makan

Menurut pelatih Chris and Heidi Powell, “Setiap Anda membatasi diri terhadap makanan, maka ini hanya akan membuat Anda stress. Karena makanan yang sebenarnya Anda inginkan adalah makanan yang Anda batasi. Jauhkan pola piker bahwa Anda harus berkorban untuk menurunkan berat badan,” ujarnya.

 2. Kurangi konsumsi makanan olahan makanan olahan

Ganti makanan olahan dengan makanan yang tak diolah. Makanan alami bukan hanya sehat, tapi Anda juga akan merasakan bahwa rasa asli dari sebuah makanan ternyata enak. Jika belum terbiasa, Anda dapat memulainya dengan merebus atau mengukus makanan. Tapi, tidak menggorengnya.

 3. Pilih gandum untuk dikonsumsi

Gandum kaya akan serat dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu gandum juga baik untuk kesehatan pencernaan dan telah dipercaya sejak lama mampu membantu menurunkan berat badan.

 4. Jadikan yoghurt sahabat makanan Anda

Gunakan yoghurt sebagai pendamping makanan Anda, baik untuk campuran pasta, campuran salad ataupun cocolan buah. Kandungan probiotik dalam yoghurt sejauh ini belum dapat digantikan dengan produk turunan susu lainnya.

 5. Pilih camilan sehat

Kalau selama ini Anda hanya mengonsumsi satu jenis camilan, yang bahkan tak baik bagi kesehatan, seperti kentang goreng, ganti camilan Anda dengan makanan yang mengandung kombinasi protein, erat, dan karbohidrat, misalnya sandwich gandum berisi sayuran dan daging. Ini akan membuat Anda kenyang dan mengisi kembali energi tubuh yang hilang. Ini juga akan mencegah Anda bolak-balik mencari camilan.

 6. Makan buah utuh

Menurut chef Cheryl Forberg, R.D., ketika Anda mengonsumsi satu buah utuh, Anda akan mendaptkan berbagai manfaat, mulai dari asupan serat, melepaskan gula darah perlahan, dan akan membuat Anda kenyang lebih lama. Jus buah bisa dinikmati sesekali, tapi untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah adalah dengan mengonsumsi buah secara utuh.

 7. Konsumsi karbohidrat di pagi hari

Untuk menurunkan berat badan, jangan pernah menghindari karbohidrat sama sekali dari hidup Anda. Teknik ini tak pernah sukses emnurunkan berat badan. Namun, ketika Anda mengonsumsi karbohidrat di pagi hari dalam jumlah cukup, tubuh memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pembakaran, kata Bob Harper, seorang pelatih.

 8. Pilih pendamping tepat untuk salad

Singkirkan roti kering sebagai pendamping salad Anda. Ganti dressing salad dengan produksi Anda sendiri, yang bisa dibuat dari campuran yoghurt dan buah. Selain itu fokuskan isi slad pada sayur-sayuaran, protein dan buah. Jika Anda menginginkan sesuatu yang renyah, Anda bisa menambahkan sedikit kacang di atas salad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com