Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2015, 07:30 WIB
EditorBestari Kumala Dewi


KOMPAS.com
- Menjalin sebuah hubungan bukan sekedar rela berbagi siaran televisi, tapi lebih dari itu. Memiliki pasangan selain baik untuk hati Anda, juga baik untuk pikiran dan kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasan lengkap, bagaimana hubungan yang sehat akan berefek pada tubuh yang sehat dan kebahagiaan.

Pernikahan bisa menguatkan tulang

Penelitian menunjukkan bahwa pernikahan bisa berefek baik bagi kesehatan tulang. Sebuah makalah yang diterbitkan dalam journal Osteoporosis International menunjukkan bahwa pria yang menikah cenderung memiliki kepadatan tulang lebih tinggi dibanding pria yang belum menikah. Para peneliti dari University of California, Los Angeles juga menemukan bahwa, meski pernikahan tak selalu berdampak besar pada kepadatan tulang wanita, tapi pernikahan yang bahagia akan membawa dampak itu pada tulang wanita. Peserta studi perempuan yang dilaporkan telah berpasangan dan pasangannya suportif, juga memiliki tulang yang sehat.

Berciuman dengan pasangan bisa mengurangi stres

Berciuman dapat mengaktifkan berbagai zat dalam tubuh yang mampu menurunkan kadar stres. Para peneliti di Lafayette College memerhatikan beberapa pasangan berciuman selama 15 menit sambil mendengarkan musik. Baik wanita dan pria sama-sama terlihat adanya penurunan kortisol, hormone stress, setelah sesi berciuman. Jadi, berciuman dengan pasangan yang Anda cintai bisa menjadi obat untuk hari yang buruk.

Pasangan bisa membuat Anda lebih sukses berkarir

Menjalin hubungan berkomitmen dengan pasangan yang te[at, dapat membantu meningkatkan performa kerja menjadi lebih baik dan lebih bahagia di tempat kerja. Para peneliti Washington University, St. Louis menemukan bahwa pasangan yang berhati-hati dapat menuntun kea rah yang lebih baik, mulai dari gaji yang lebih tinggi, lebih banyak promosi, dan berbagai hal lain yang meningkatkan kepuasan di tempat kerja. “Studi kami menunjukkn bahwa bukan hanya kepribadian seseorang yang memengaruhi pengalaman menuju kesempatan sukses yang lebih besar, tapi kepribadian pasangan Anda pun akan berdampak,” ujar  Joshua Jackson, PhD, penulis studi ini.

Menjalin sebuah hubungan membuat seseorang lebih menghargai tubuhnya

Wanita yang bahagia menjalani hubungannya cenderung memiliki bentuk tubuh yang lebih baik, menurut hasil penelitian Tallinn University, Estonia. Survei ini menyimpulkan, bahwa menjadi bagian dari hubungan yang menyenangkan, tak peduli seberapa dekat target berat badannya, wanita akan merasa lebih nyaman dan percaya diri dengan tubuhnya.

Pasangan akan memudahkan Anda untuk mengadopsi berbagai kebiasaan sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+