Kompas.com - 07/07/2015, 15:17 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorBestari Kumala Dewi


KOMPAS.com
 — Peradangan adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap iritasi, luka, atau infeksi. Ini adalah respons normal dan sebenarnya adalah hal yang baik karena ini bagian alami dari penyembuhan. Namun, peradangan kronis bisa memiliki dampak negatif pada tubuh dan kesehatan Anda.

Mengonsumsi makanan anti-peradangan bisa menjadi salah satu cara untuk melawan peradangan kronis yang umumnya berasal dari pola hidup yang tidak sehat. Berikut 10 makanan bergizi yang bermanfaat sebagai anti-peradangan.

Almond 
Almond merupakan sumber yang sangat baik dari lemak tak jenuh tunggal (sama seperti minyak zaitun), mengandung vitamin E dan mangan. Selain itu, almond juga merupakan sumber magnesium dan protein nabati. Dalam studi penelitian, mengonsumsi almond dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Ini bisa jadi karena meningkatkan profil asam lemak dalam darah.

Meski kalori almond lebih tinggi dibandingkan dengan makanan anti-peradangan lainnya, makan segenggam almond sangat mengenyangkan sehingga dengan mengonsumsinya selain sehat, almond juga bisa menjadi penurun berat badan.

Alpukat 
Alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang sehat bagi jantung. Ditambah kangkung, buah ini adalah sumber magnesium, serat, dan potasium, sementara rendah odium. Makan setengah alpukat akan menambah kebutuhan harian tubuh akan asupan vitamin C, A, E, dan vitamin B kompleks. Kombinasi nutrisi dan polifenol yang bekerja sebagai antioksidan membuat alpukat baik dikonsumsi sebagai anti-peradangan.

Kacang-kacangan 
Kacang merah, kacang hitam, dan kacang kedelai adalah sumber makanan anti-peradangan yang berasal dari protein nabati dan mengandung mineral, vitamin B kompleks, dan vitamin K. Kacang-kacangan ini juga mengandung serat dan polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa kacangan-kacangan ini dapat memberi manfaat kesehatan dan membantu mencegah beberapa jenis penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi, serta tentunya mengurangi peradangan.

Brokoli 
Brokoli termasuk dalam kelompok sayuran kubis yang tinggi phytochemical, yaitu jenis antioksidan yang sangat kuat. Brokoli juga sumber vitamin C, kalium, kalsium, vitamin A, serta rendah kalori. Studi epidiomiologis menunjukkan bahwa mengonsumsi sayur-sayuran kelompok kubis berkaitan dengan adanya penurunan risiko jenis kanker tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kale 
Sayuran ini merupakan sumber vitamin A, C, dan K, juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, potasium, dan vitamin C, tetapi rendah sodium. Kale juga rendah kalori, tetapi mengandung sedikit serat. Kandungan lain adalah lutein dan zeaxanthin yang berhubungan dengan vitamin A yang dapat membantu menurunkan risiko katarak. Selain itu, lutein dapat membantu mencegah aterosklerosis.

Minyak zaitun
Minyak ini adalah komponen penting dalam diet Mediterania, yang selalu dikaitkan dengan kesehatan jantung dan usia panjang. Kaya lemak tak jenuh yang baik untuk pembuluh darah dan memiliki polifenol yang bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dalam tubuh. Minyak zaitun membantu mengurangi peradangan, mengurangi kolesterol tinggi, dan bahkan memungkinkan beberapa polifenol dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Jeruk
Jeruk merupakan sumber vitamin C dan kalium, mengandung serat, kalsium, dan asam folat. Serat dan asam folat dalam jeruk dapat membantu menjaga jantung Anda sehat dan vitamin C penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, jaringan ikat yang kuat, dan pembuluh darah yang sehat. Jeruk dan jus jeruk adalah sumber makanan yang baik untuk anti-peradangan.

Salmon 
Salmon mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah besar, lebih dari jenis lain ikan atau makanan laut lainnya. Studi menunjukkan, orang yang memiliki asupan tinggi asam lemak ini berisiko rendah menderita mata kering dan juga baik untuk jantung karena lemak sehat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kadar kolesterol. American Heart Association menyarankan konsumsi ikan berlemak, seperti salmon, setidaknya dua kali setiap minggu. Salmon adalah sumber terbaik antioksidan yang disebut astaxanthin.

Bayam 
Bayam merupakan salah satu makanan anti-peradangan yang terbaik. Bayam mengandung lutein, yang terkait dengan vitamin A dan beta karoten. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sayuran berdaun hijau, seperti bayam, menurunkan risiko penyakit degenerasi. Bayam juga mengandung zat besi, vitamin K dan folat, dan sangat rendah kalori sehingga sangat cocok untuk makanan penurunan berat badan.

Stroberi 
Buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah, tinggi serat, dan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara normal, termasuk banyak vitamin C. Stroberi juga memiliki sifat anti-inflamasi dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Apakah Infeksi Menular Seksual Bisa Disembuhkan?

Apakah Infeksi Menular Seksual Bisa Disembuhkan?

Health
Payudara Bengkak

Payudara Bengkak

Penyakit
7 Manfaat Nangka untuk Kesehatan

7 Manfaat Nangka untuk Kesehatan

Health
Punggung Panas

Punggung Panas

Penyakit
Tips Jalani Kehamilan Sehat untuk Penderita PCOS

Tips Jalani Kehamilan Sehat untuk Penderita PCOS

Health
Gangguan Penyimpanan Lisosom

Gangguan Penyimpanan Lisosom

Penyakit
3 Pengaruh PCOS dalam Kehidupan Wanita

3 Pengaruh PCOS dalam Kehidupan Wanita

Health
Pusar Bau

Pusar Bau

Penyakit
4 Perbedaan Vitamin D2 dan Vitamin D3 yang Penting Diketahui

4 Perbedaan Vitamin D2 dan Vitamin D3 yang Penting Diketahui

Health
Kuku Kaki Bergelombang

Kuku Kaki Bergelombang

Penyakit
9 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi untuk Dihindari Saat Diet

9 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi untuk Dihindari Saat Diet

Health
Mengenal Apa Itu PCOS dan Gejalanya, Wanita Wajib Tahu

Mengenal Apa Itu PCOS dan Gejalanya, Wanita Wajib Tahu

Health
9 Jenis Asam Amino Esensial dan Fungsinya untuk Tubuh

9 Jenis Asam Amino Esensial dan Fungsinya untuk Tubuh

Health
Infeksi Virus

Infeksi Virus

Penyakit
8 Sayuran yang Mengandung Protein Tinggi

8 Sayuran yang Mengandung Protein Tinggi

Health
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.