Kompas.com - 07/07/2015, 17:59 WIB
EditorBestari Kumala Dewi


KOMPAS.com
- Air adalah salah satu kebutuhan utama tubuh. Meski minum air bukan aktivitas sulit, nyatanya masih banyak orang yang tak cukup minum air sesuai kebutuhan tubuh. Bahkan, tak jarang kita baru minum saat sudah merasa haus. Padahal, rasa haus adalah tanda awal dehidrasi. Berikut delapan tip mudah yang bisa dilakukan, agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Tambahkan rasa favorit

Keharusan minum air dalam jumlah banyak memang membosankan. Karena itu, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan buah-buahan sesuai selera, seperti potongan stroberi, irisan jeruk, atau buah lainnya. Selain itu, tambahkan daun mint untuk menambah kesegaran. Masukan ke dalam botol berisi air dan diamkan di dalam kulkas. Kesegarannya akan membuat Anda ingin minum terus-menerus.

Makan pedas

Tambahkan sambal atau cabai pada makanan Anda, akan membuat Anda lebih sering mengambil gelas minum. Efek positif lainnya, menurut penelitian cabai akan memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Manfaatkan ponsel

Coba download aplikasi Waterlogged untuk iPhone atau Water Your Body untuk android. Aplikasi ini akan membantu Anda minum air sesuai kebutuhan tubuh. Tak teratrik dengan aplikasi? Anda bisa menyalakan alarm sebagai pengingat untuk minum air.

Siapkan air di meja

Anda tentu sering duduk seharian di belakang meja atau duduk di pesawat selama berjam-jam dan eggan berdiri untuk mengambil minum. Semakin lama Anda duduk, maka akan semakin lama tubuh tak mendappatkan air. Untuk mengatasinya, siapkan selalu botol minum berisi air di atas meja dan di dalam tas. Sehingga, tak ada alasan untuk tidak minum. Dan jika Anda harus bekerja di belakang meja, gunakan gelas atau botol bening, agar Anda selalu ingat untuk mengisinya ketika isinya habis.

Bawa minum saat olahraga

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.