Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2015, 12:40 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah hapal nasihat yang mengatakan makan sebuah apel setiap hari akan menjauhkan kita dari dokter. Untuk meningkatkan manfaat apel bagi tubuh, ternyata kita bisa memasangkannya dengan makanan lain, atau makan dalam waktu tertentu.

Mau tahu apa saja cara sehat untuk makan apel? Simak yang berikut ini.

1. Makan apel saat sedang minum teh hijau
Ketika teh hijau dan apel dikonsumsi bersama, antioksidan alami dalam keduanya akan tercampur bersama untuk menahan molekul yang disebut VEGF (vascular endothelial growth factor).

Molekul VEGF itu mendorong angiogenesis atau pembentukan pembuluh darah baru. Para ahli menyebut angiogenesis berperan dalam pembentukan plak yang membuat arteri menjadi keras, yang akhirnya memicu serangan jantung dan stroke, serta memicu penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh. Penelitian lain menunjukkan, konsumsi apel saat mengonsumsi obat dan teh hijau juga menurunkan kolesterol.

2. Makan apel sebelum belanja
Waktu yang dianjurkan untuk makan apel ternyata adalah sebelum kita berangkat belanja ke supermarket. Dalam penelitian, para responden yang diberi apel segar dan memakannya sebelum belanja ternyata membeli lebih banyak sayur dan buah dibandingkan dengan responden yang makan kue sebelum belanja.

3. Makan dalam bentuk segar
Buah-buahan yang dikonsumsi segar, misalnya apel, jeruk, dan pisang, ternyata memiliki efek melindungi kerusakan otak yang bisa memicu penyakit Alzheimer.

4. Makan apel setelah makan siang
Makan sebuah apel setelah waktu makan siang bisa mengurangi keinginan ngemil. Apel sarat dengan kandungan pektin, serat larut yang menarik air dalam bentuk gel saat dicerna. Hal ini membuat perut kita kenyang lebih lama, memperlambat pengosongan perut, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Pasangkan dengan cokelat
Penuhi keinginan Anda akan makanan manis sekaligus melindungi kesehatan pembuluh darah dengan cara mengonsumsi apel dan cokelat hitam. Apel kaya akan favonoid yang disebut quercetin, sementara cokelat hitam mengandung flavonoid yang disebut catechin. Kedua antioksidan akan bekerja menghambat sumbatan pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com