Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Saat Olahraga Lari Perut Sering Mulas?

Kompas.com - 21/07/2015, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Olahraga lari memang memiliki sederet manfaat positif bagi kesehatan, termasuk lebih cepat menurunkan berat badan. Tapi mengapa ketika kita sedang berlari seringkali perut terasa mulas dan ingin buang air besar?

Rasa mulas tersebut terjadi karena saat berlari organ dalam tubuh seolah berdesakan sehingga memicu rasa ingin "ke belakang."

"Itu sebabnya mengapa mulas seperti ingin buang air lebih sering dialami saat berlatih lari dibandingkan bersepeda atau memakai mesin di gym," kata Michael J.Ryan PhD, pakar kedokteran olahraga dari Fairmont State University.

Pengalihan aliran darah dari daerah pencernaan ke otot-otot juga bisa berperan. Faktor lain yang memicu rasa mulas adalah rasa cemas sebelum kompetisi lari, waktu makan terakhir yang dekat dengan waktu latihan, stres, intensitas latihan terlalu tinggi, durasi, dan level hidrasi tubuh.

Untuk menghindarinya, atur waktu makan agar tidak terlalu dekat dengan waktu olahraga. "Hindari makan besar, makanan tinggi serat, pemanis buatan, atau makanan tinggi lemak, serta kafein, yang bisa merangsang saluran cerna," kata Ryan.

Jika Anda mengikuti lomba lari, lakukan pemanasan lari singkat untuk merangsang timbulnya rasa mulas sehingga Anda bisa ke toilet dulu sebelum bertanding.

"Jika ke toilet dulu tak membantu dan Anda mengalami diare berkepanjangan atau ada darah di tinja, periksakan ke dokter. Bisa jadi itu merupakan tanda gangguan pencernaan yang lebih serius," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com