Kompas.com - 21/07/2015, 09:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
 — Dua bayi kembar yang lahir prematur selalu berpegangan tangan setiap diletakkan dalam satu inkubator yang sama selama tujuh minggu. Mereka seolah saling mengulurkan tangan, kemudian jari-jari mungil mereka menyatu.

Kedua bayi kembar itu bernama Lily dan Grace Johnston dengan berat lahir hanya sekitar 900 gram. Mereka lahir 13 minggu lebih awal dari yang seharusnya, mereka pun harus memakai ventilator sebagai alat bantu napas.

Hannah Moore (20) dan David Johnstone (23) mulanya sangat bahagia ketika mereka akan memiliki dua bayi kembar. Namun, saat kehamilan Moore berusia 26 minggu, dokter menyatakan bahwa bayi sudah dalam posisi siap untuk dilahirkan. Kemudian, Moore dibawa ke Edinburgh Royal Infirmary.

“Itu seperti emosi sesaat. Seolah-olah mereka berdua meyakinkan satu sama lain. Benar-benar menakjubkan melihatnya," kata Moore.

dok. Dailymail.co.uk Dua bayi yang lahir prematur kini telah berusia 1 tahun.


Sayangnya, Lily juga memiliki infeksi sehingga kerap dipisahkan dari Grace. Namun, mereka akan kembali berpegangan tangan ketika berada dalam satu inkubator yang sama. Menurut Moore, genggaman tangan satu sama lain dapat menjadi kekuatan keduanya untuk akhirnya bisa bertahan hidup.

Keduanya kini telah berusia 1 tahun dan tumbuh dengan sehat. Setelah pemulihan optimal, si kembar dapat pulang ke rumahnya di Broxburn, West Lothian. Menurut Moore, Lily dan Grace sangat suka bersama-sama, saling tersenyum, dan tertawa.

"Mereka tidak dapat dipisahkan,” kata Moore.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.