Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2015, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin merasa sudah puas dengan berat badan sekarang tapi kesal karena jarum timbangan mudah sekali bergeser. Sebenarnya ada cara menjaga berat badan tetap ideal dengan strategi mudah, bahkan tanpa perlu diet.

- Selalu sarapan
Penelitian menunjukkan, orang yang rutin sarapan cenderung memiliki berat badan lebih rendah. Tetapi, perhatikan menu sarapan Anda. Penuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat, protein, dan vitamin.

- Isi piring dengan makanan rendah kalori
Mulailah makan dengan bahan pangan di piring Anda yang kalorinya paling rendah. Dengan demikian saat Anda memulai makan jenis lainnya, perut Anda sudah agak kenyang.

- Mulai dengan sup
Awali makan siang atau makan malam Anda dengan sup berisi protein dan sayuran.

- Datang terlambat
Saat menghadiri pesta, datanglah agak terlambat mendekati waktu makan, sehingga Anda tidak makan berlebihan.

- Bagi makan siang
Anda termasuk orang yang mudah lapar meski sudah makan siang? Bagilah jatah makan siang: setengah dimakan saat makan siang dan sisanya beberapa jam setelahnya dan perut mulai lapar.

- Kurangi mayonaise
Sesendok teh mayonaise mengandung 100 kalori. Karena itu gantilah campuran salad Anda dengan minyak zaitun untuk mengurangi kalorinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com