Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2015, 17:36 WIB


KOMPAS.com
- Nutrisi memiliki peranan yang sangat penting untuk tumbuh kembang dan kecerdasaan anak. Dimana nutrisi yang optimal di masa penting tumbuh kembang anak akan berpengaruh besar pada kesehatan dan tumbuh kembang anak di masa depan. Yang dimaksud nutrisi optimal adalah nutrisi yang seimbang.

Dari sudut pandang kesehatan, kekurangan nutrisi merupakan masalah penting, karena dapat mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan, termasuk gangguan perkembangan otak. Beberapa sisi yang dapat diamati langsung, yakni:

1. Anak merasa kurang bersemangat, lemas, dan tidak bertenaga. Ini menyebabkan proses belajar si prasekolah terganggu dan terbatas. Anak tidak akan dapat menanggapi stimulasi dari lingkungan luar dengan baik.

2. Daya tahan tubuh menurun terus-menerus sehingga menyebabkan si prasekolah mudah terjangkit berbagai penyakit serta mengganggu perkembangan kemampuan motorik dan proses belajar dari lingkungan luar. 

3. Gangguan pertumbuhan dan fungsi tubuh, misalnya: anak menjadi kurang darah, tidak bisa tumbuh tinggi, sehingga mengganggu proses belajarnya.

Efek yang tidak dapat diamati langsung adalah gangguan struktur dan biokimia otak karena kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk perkembangannya. Hasil sebuah penelitian awal menunjukkan, volume total struktur otak akan mencapai puncaknya pada usia 14,5 tahun untuk anak lelaki dan 11,5 tahun pada anak perempuan.

Sebesar 95% dari total volume otak akan tercapai pada usia 6 tahun. Meskipun hubungan antara volume otak dengan fungsi kognitif belum dapat dipastikan, tetapi diperkirakan ukuran otak yang lebih besar dapat memiliki kapasitas yang lebih besar untuk perkembangan sel-sel saraf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com