Kompas.com - 27/07/2015, 11:04 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mual dan muntah di pagi hari, terlebih jika Anda aktif secara seksual atau sudah menikah, sering dicurigai sebagai gejala kehamilan. Tetapi, gejala yang juga disebut sebagai "morning sickness" ini tak selalu tanda kehamilan.

Morning sickness juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja ketidakseimbangan hormonal, asam lambung yang naik, gangguan tidur sleep apnea, stres, atau depresi.

Menurut ketua American Medical Association Dr.Brian Morton, peleasan hormon dari otak akan menentukan apakah kita adalah orang yang terbiasa bangun pagi atau malam hari.

Ia menjelaskan, rasa mual-mual di pagi hari bisa disebabkan karena ketidakmampuan otak melepaskan hormonal alami, seperti adrenalin atau serotonin, saat kita bangun pagi.

"Ritme biologi siang dan malam pada setiap orang berbeda-beda. Pada wanita, hal ini ditambah lagi oleh pengaruh hormon saat menstruasi," kata Morton.

Gejala "morning sickness" juga tidak selalu dialami wanita, tapi juga pria. Penyebab paling sering dari kondisi ini adalah reflux, yakni asam lambung naik ke kerongkongan.

"Gejalanya seperti ada rasa pahit di mulut atau nyeri di bagian bawah perut. Atasi dengan minum susu atau antasida untuk mengatasi asam yang berlebihan," katanya.

Untuk mencegah reflux, Morton menyarankan untuk jangan melewatkan makan malam. Hindari pula konsumsi alkohol yang berlebihan atau kurang minum sebelum tidur. Pada sebagaian orang, menaikkan bantal di bagian kepala bisa membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.