Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2015, 11:04 WIB

KOMPAS.com - Mual dan muntah di pagi hari, terlebih jika Anda aktif secara seksual atau sudah menikah, sering dicurigai sebagai gejala kehamilan. Tetapi, gejala yang juga disebut sebagai "morning sickness" ini tak selalu tanda kehamilan.

Morning sickness juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja ketidakseimbangan hormonal, asam lambung yang naik, gangguan tidur sleep apnea, stres, atau depresi.

Menurut ketua American Medical Association Dr.Brian Morton, peleasan hormon dari otak akan menentukan apakah kita adalah orang yang terbiasa bangun pagi atau malam hari.

Ia menjelaskan, rasa mual-mual di pagi hari bisa disebabkan karena ketidakmampuan otak melepaskan hormonal alami, seperti adrenalin atau serotonin, saat kita bangun pagi.

"Ritme biologi siang dan malam pada setiap orang berbeda-beda. Pada wanita, hal ini ditambah lagi oleh pengaruh hormon saat menstruasi," kata Morton.

Gejala "morning sickness" juga tidak selalu dialami wanita, tapi juga pria. Penyebab paling sering dari kondisi ini adalah reflux, yakni asam lambung naik ke kerongkongan.

"Gejalanya seperti ada rasa pahit di mulut atau nyeri di bagian bawah perut. Atasi dengan minum susu atau antasida untuk mengatasi asam yang berlebihan," katanya.

Untuk mencegah reflux, Morton menyarankan untuk jangan melewatkan makan malam. Hindari pula konsumsi alkohol yang berlebihan atau kurang minum sebelum tidur. Pada sebagaian orang, menaikkan bantal di bagian kepala bisa membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com