Kompas.com - 02/08/2015, 22:50 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBestari Kumala Dewi


KOMPAS.com
- Banyak orang menganggap bahwa kesuburan dan kesehatan calon Ibu menjadi satu-satunya penentu keberhasilan kehamilan. Padahal, pembuahan yang baik dapat terjadi apabila sel telur yang sehat bertemu dengan sel sperma yang juga sehat. Sayangnya, tak semua pria mempunyai sperma yang sehat.

Ada beberapa pria yang memiliki sperma yang sedikit dan kualitasnya tidak sehat, sehingga kesehatan dan kesuburan sperma pun diragukan. Padahal, kesuburan dan kesehatan sperma seorang pria merupakan hal yang sangat penting dalam pembuahan. Nah, untuk mengetahui apakah sperma calon ayah sehat atau tidak, berikut ciri-cirinya:

1. Kuantitas
Jumlah sperma yang sehat biasanya dapat menghasilkan lebih dari 15 juta/mililiter. Nah, jika sperma yang dihasilkan banyak, berarti sperma sehat, karena setiap pria yang berejakulasi setidaknya ada sekitar 4 jutaan sperma dalam air mani yang keluar. Jadi, semakin banyak jumlah sperma yang dihasilkan maka akan semakin besar pula kesempatan Ibu untuk hamil. 

2. Kualitas
Banyaknya sperma bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan bahwa sperma sehat. Kualitas juga menjadi salah satu faktor penentu. Nah, kualitas sperma yang sehat memiliki kepala berbentuk oval dan berekor panjang. Semakin banyak sperma yang berbentuk normal seperti itu, maka semakin besar kemungkinannya untuk dikategorikan sebagai seorang pria yang subur. Akan tetap ada kalanya, sperma memiliki kekurangan, misalnya saja seperti kepala yang tidak berbentuk oval sempurna dan ekor yang bengkok. Nah, keabnormalan sperma tersebut umumnya akan memengaruhi kemampuan sperma saat akan mencapai dan membuahi sel telur. 

3. Gerakan 
Untuk mencapai dan menembus sel telur, sperma harus dapat berenang dan bergerak dengan cepat melalui leher rahim wanita dan saluran tuba. Hal tersebut dikenal dengan istilah mortilitas. Oleh karena itu, kecepatan sel sperma saat berenang sangat diperlukan, karena perjalanan sperma mencapai sel telur tergolong panjang.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X