Kompas.com - 03/08/2015, 07:45 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBestari Kumala Dewi


KOMPAS.com
- Sekarang ini, penyakit jantung menjadi salah satu penyebab utama kematian, baik pada pria maupun wanita. Namun, kabar baiknya, kita bisa mencegahnya dengan gaya hidup sehat. Mulai mengganti dan membiasakan pola hidup Anda dengan pola hidup lebih sehat bukan hanya memberikan keuntungan jangka panjang bagi kesehatan, juga akan membantu melancarkan peredaran darah, membantu meningkatkan sirkulasi, memangkas ukuran pinggang hingga dapat meningkatkan energi dan kecepatan otak.

Dr. Steven Masley, seorang ahli jantung dan anggota American Heart Association, memaparkan lima makanan yang bisa meningatkan kesehatan jantung Anda, baik untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.


1.  
Konsumsi serat

Jika Anda selalu mengukur asupan harian, utamakan serat. Serat bisa didapat pada sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Konsumsi serat dapat menahan nafsu makan, memperbaiki gula darah dan kadar kolesterol, mengurangi peradangan dan memperlambat penuaan. 

Tantangannya adalah mengonsumsi 30 gram serat setiap hari. Namun, mengonsumsi serat dalam bentuk biji-bijian terlalu sering juga tak baik bagi kesehatan. Sebaiknya, serat yang dikonsumsi adalah; 3 mangkuk sayur-sayuran, 2 macam buah (misalnya semangkuk stroberi dan apel), 2 genggam kacang-kacangan, ½-1 mangkuk biji-bijian.


2. Lemak sehat

Anda tak perlu mengikuti pola makan rendah lemak untuk sehat, yang Anda perlukan adalah mengonsumsi lebih banyak lemak sehat.

Studi klinis menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak dari seafood, minyak zaitun dan kacang-kacangan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, tanpa menambah berat badan. Anda bisa menikmati lemak dari alpukat dan cokelat hitam juga. Lemak sehat ini juga sangat penting bagi otak dan membantu mengurangi peradangan.

3. Protein bersih

Ketika saya menyebut “protein jahat”, ini berarti bicara tentang daging berlemak dan produk susu yang dipenuhi oleh hormon dan pestisida.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.