Kompas.com - 05/08/2015, 17:15 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Sebuah infografis yang menerangkan langkah demi langkah perubahan yang terjadi pada tubuh setelah kita mengasup soft drink, mulai dari 10 menit sampai satu jam kemudian, membuat kaget para penggemar minuman bersoda.

Dalam blog The Renegade Pharmacist, Niraj Naik menggambarkan perubahan yang terjadi tersebut dalam infografis yang sangat mudah dipahami. Nah, ketahui apa saja yang terjadi:

10 menit: menyerang gigi
Asam phosphoric akan menyerang enamel gigi, sementara pemanis buatan, seperti aspartam, memasuki sistem. Aspartam mungkin memicu reseptor rasa dan mengelabui tubuh sehingga mengira itu adalah gula yang diproses.

20 menit: mengubah model penyimpanan lemak
Minuman bersoda akan memicu insulin yang mengirimkan sinyal ke tubuh untuk masuk dalam mode penyimpanan lemak. Data dari sejumlah studi melaporkan, konsumsi minuman bersoda yang sering bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Beberapa data juga mengindikasikan bahwa mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan meningkatkan risiko sindrom metabolik yang terkait dengan penyakit diabetes dan masalah kardiovaskular.

40 menit: menyebabkan kecanduan
Kombinasi dari kafein dan aspartam akan menghasilkan kecanduan singkat yang sama dengan efek kokain bagi tubuh. Excitotoksin akan dilepaskan dan membuat otak kelelahan karena stimulasi berlebihan pada neuroreseptor, terutama jika minuman ini diminum setiap hari.

60 menit dan setelahnya: membuat lebih lapar dan haus
Tubuh kita mungkin tak akan mudah dipuaskan sehingga kita merasa masih ingin mengonsumsi sesuatu yang manis. Ini membuat kita meneguk soda lagi atau makanan junk food lainnya. Minum soft drink saat sedang haus sebenarnya juga tidak mampu menghidrasi tubuh karena yang dibutuhkan tubuh adalah air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.