Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Bertemanlah dengan Anak di Media Sosial

Kompas.com - 08/08/2015, 12:40 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Di era digital seperti ini, anak-anak nampaknya lebih pintar menggunakan internet dibanding orangtuanya. Mereka tahu bagaimana menggunakan media sosial tanpa perlu diajari orangtuanya. Kemajuan teknologi ini ternyata bisa menjadi media bullying pada anak atau dikenal dengan cyber bullying.

Kondisi ini justru menjadi tantangan orangtua dalam mendidik anak di era digital. Digital Influencer dan Kontributor Orang tua Ainun Chomsun mengatakan, penggunaan internet termasuk media sosial pada anak masih dalam pengawasan orang tua. Salah satu caranya, menurut Ainun, dengan menjadi teman anak di media sosial, seperti Facebook.

"Jadi teman anak di media sosial. Jadi bisa tahu apa yang terjadi sama mereka," ujar Ainun dalam diskusi bersama Joy Parenting di Jakarta, Jumat (7/8/2015).

Menurut Ainun, orang tua hanya perlu memantau. Tidak usah, misalnya, ikut memberikan komentar atau memarahi anak di media sosial. Orangtua bisa berkomunikasi langsung pada anak untuk menghindari cyber bullying denganmemberikan pemahaman kepada anaknya bahwa media sosial adalah ruang publik di mana semua orang atau temannya akan tahu apa yang ditulisnya.

Dengan begitu, anak akan mengerti risiko yang bisa ia hadapi ketika menuliskan sesuatu atau mengunggah foto di media sosial. "Saya analogikan media sosial itu kayak mal. Ibarat mal, kalau kamu teriak-teriak semua orang bisa dengar," jelas Ainun yang memiliki anak perempuan remaja ini.

Menurut Ainun, orang tua seharusnya tak bisa tenang saja jika melihat anaknya di rumah dan menghabiskan waktu bermain gadget. Sebab, dari bermain gadget tersebut, anak bisa menyelami dunia dan mengetahui banyak hal. Untuk itu, orangtua sebaiknya tidak gagap teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com