Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2015, 12:40 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era digital seperti ini, anak-anak nampaknya lebih pintar menggunakan internet dibanding orangtuanya. Mereka tahu bagaimana menggunakan media sosial tanpa perlu diajari orangtuanya. Kemajuan teknologi ini ternyata bisa menjadi media bullying pada anak atau dikenal dengan cyber bullying.

Kondisi ini justru menjadi tantangan orangtua dalam mendidik anak di era digital. Digital Influencer dan Kontributor Orang tua Ainun Chomsun mengatakan, penggunaan internet termasuk media sosial pada anak masih dalam pengawasan orang tua. Salah satu caranya, menurut Ainun, dengan menjadi teman anak di media sosial, seperti Facebook.

"Jadi teman anak di media sosial. Jadi bisa tahu apa yang terjadi sama mereka," ujar Ainun dalam diskusi bersama Joy Parenting di Jakarta, Jumat (7/8/2015).

Menurut Ainun, orang tua hanya perlu memantau. Tidak usah, misalnya, ikut memberikan komentar atau memarahi anak di media sosial. Orangtua bisa berkomunikasi langsung pada anak untuk menghindari cyber bullying denganmemberikan pemahaman kepada anaknya bahwa media sosial adalah ruang publik di mana semua orang atau temannya akan tahu apa yang ditulisnya.

Dengan begitu, anak akan mengerti risiko yang bisa ia hadapi ketika menuliskan sesuatu atau mengunggah foto di media sosial. "Saya analogikan media sosial itu kayak mal. Ibarat mal, kalau kamu teriak-teriak semua orang bisa dengar," jelas Ainun yang memiliki anak perempuan remaja ini.

Menurut Ainun, orang tua seharusnya tak bisa tenang saja jika melihat anaknya di rumah dan menghabiskan waktu bermain gadget. Sebab, dari bermain gadget tersebut, anak bisa menyelami dunia dan mengetahui banyak hal. Untuk itu, orangtua sebaiknya tidak gagap teknologi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+