Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Berapa Lama Olahraga untuk Turunkan Berat Badan?

Kompas.com - 08/08/2015, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Harapan Anda untuk menurunkan berat badan tak akan tercapai jika kegiatan olahraga tak masuk dalam daftar cara mencapainya. Namun, berapa lama durasi olahraga yang tepat agar berat badan cepat turun?

Untuk menjaga kesehatan kita dianjurkan melakukan olahraga aerobik (berjalan, berlari, bersepeda, berenang, dan sebagainya) setidaknya 5 kali dalam seminggu dengan masing-masing sesi minimal 30 menit. Targetnya adalah 150 menit dalam 7 hari.

Jika tujuannya untuk menurunkan berat badan, dalam studi terbaru diungkapkan Anda butuh waktu dua kali lipat dari rekomendasi tersebut. Dengan kata lain, Anda perlu berolahraga 300 menit seminggu.

Penelitian yang dilakukan pada wanita yang menopause (berat badan wanita menopause memang cenderung bertambah), diketahui mereka yang berolahraga 300 menit seminggu secara rutin dalam setahun, mengalami penurunan berat badan lemak tubuh. Bukan hanya itu, lingkar pinggang mereka juga berkurang.

Ikut berkurangnya lemak tubuh adalah hal yang penting. Ini karena lemak tubuh menjadi salah satu faktor kanker payudara dan penyakit kronik. Beberapa studi sebelumnya juga menyatakan menurunkan lemak tubuh membantu mencegah kanker kolon dan endometrial, diabetes, dan penyakit jantung.

Sudah siap dengan tantangan 300 menit seminggu? Untuk menambah motivasi, berolahragalah dengan teman atau melakukan variasi olahraga yang ada di pusat kebugaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com