Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2015, 09:07 WIB

KOMPAS.com - Rambut bukan hanya mahkota wanita, tapi juga penting bagi pria. Semua orang tentu menginginkan rambut yang indah dan sehat. Bahkan, banyak orang rela menghabiskan uang untuk membeli berbagai produk perawatan rambut. Namun, tahukah Anda, bahwa makanan yang dikonsumsi juga memiliki peranan dalam kesehatan rambut? Inilah lima makanan penuh nutrisi untuk membuat rambut lebih sehat:

1. Blueberry

Buah ini kaya dengan antioksidan dan vitamin C. Dalam buah blueberry, Vitamin C dapat membantu meningkatkan kadar kolagen di kulit kepala yang berguna untuk memperkuat rambut dan membantu pertumbuhan folikel rambut.

 

2. Telur

Selain kaya akan protein, telur juga mengandung biotin yang baik untuk rambut. Pasalnya, jika kekurangan biotin, rambut akan mudah rapuh dan rontok. Selain itu, telur juga diperkaya akan zat besi, seng, belerang, selenium, dan vitamin B12.

 

3. Kenari

Biotin juga terkandung di dalam buah kenari, sehingga baik untuk rambut serta kulit. Asam lemak dalam kenari juga penting untuk menumbuhkan kembali rambut dan tembaga yang terkandung di dalam kenari dapat menjaga warna rambut. Sedangkan kandungan vitamin E mampu melindungi rambut dari sinar matahari.

 

4. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3, vitamin D, serta protein. Nutrisi ikan salmon juga mampu menambah minyak rambut yang alami. Sehingga menjaga kelembaban rambut.

 

5. Wortel

Sayur yang mengandung tinggi karoten ini  cocok untuk perawatan rambut yang mengalami ketombe dan kering. Hal ini dikarenakan, jumlah sebum yang kurang di dalam rambut. Wortel menghasilkan banyak vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan sebum agar kesehatan rambut terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com