Kompas.com - 19/08/2015, 09:07 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Rambut bukan hanya mahkota wanita, tapi juga penting bagi pria. Semua orang tentu menginginkan rambut yang indah dan sehat. Bahkan, banyak orang rela menghabiskan uang untuk membeli berbagai produk perawatan rambut. Namun, tahukah Anda, bahwa makanan yang dikonsumsi juga memiliki peranan dalam kesehatan rambut? Inilah lima makanan penuh nutrisi untuk membuat rambut lebih sehat:

1. Blueberry

Buah ini kaya dengan antioksidan dan vitamin C. Dalam buah blueberry, Vitamin C dapat membantu meningkatkan kadar kolagen di kulit kepala yang berguna untuk memperkuat rambut dan membantu pertumbuhan folikel rambut.

 

2. Telur

Selain kaya akan protein, telur juga mengandung biotin yang baik untuk rambut. Pasalnya, jika kekurangan biotin, rambut akan mudah rapuh dan rontok. Selain itu, telur juga diperkaya akan zat besi, seng, belerang, selenium, dan vitamin B12.

 

3. Kenari

Biotin juga terkandung di dalam buah kenari, sehingga baik untuk rambut serta kulit. Asam lemak dalam kenari juga penting untuk menumbuhkan kembali rambut dan tembaga yang terkandung di dalam kenari dapat menjaga warna rambut. Sedangkan kandungan vitamin E mampu melindungi rambut dari sinar matahari.

 

4. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3, vitamin D, serta protein. Nutrisi ikan salmon juga mampu menambah minyak rambut yang alami. Sehingga menjaga kelembaban rambut.

 

5. Wortel

Sayur yang mengandung tinggi karoten ini  cocok untuk perawatan rambut yang mengalami ketombe dan kering. Hal ini dikarenakan, jumlah sebum yang kurang di dalam rambut. Wortel menghasilkan banyak vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan sebum agar kesehatan rambut terjaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.