Kompas.com - 26/08/2015, 20:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Sperma, walau ukurannya sangat kecil, bisa berdampak sangat besar. Misalnya saja, sperma yang kurang berkualitas akan menyebabkan pembuahan sulit terjadi. Rata-rata pria ejakulasi mengeluarkan cairan mani sekitar setengah sendok teh.

Itu baru sebagian kecil saja mengenai fakta seputar sperma yang perlu Anda tahu.

1. Sperma diproduksi di testis dan dibutuhkan waktu 10 minggu untuk setiap sperma mencapai kematangan. Sperma yang sudah matang perlu menunggu dua minggu sebelum hari besarnya, mencapai sel telur.

2. Jika sperma tidak dikeluarkan, ia akan dipecah dan diserap lagi oleh tubuh.

3. Cairan mani mengandung sekitar 10 persen sperma, sisanya adalah enzim, vitamin C, kalsium, protein, sodium, zinc, asam sitrat, dan gula fruktosa. Semua nutrisi tersebut diperlukan untuk membantu sperma bertahan.

4. Kebanyakan sperma bertahan di tubuh wanita sampai sekitar 72 jam. Namun, dalam kondisi yang tepat, sperma bisa bertahan selama 5-7 hari.

5. Pria yang sehat menghasilkan 70-150 juta sperma setiap hari, tetapi saat mereka ejakulasi, sekitar sepertiganya bisa hillang.

6. Ada sperma yang bentuknya abnormal, misalnya memiliki dua kepala, ekor pendek, kepala kecil, atau kepala besar. Selain itu, ada juga jenis sperma perempuan dan laki-laki. Sperma perempuan bergerak lebih lamban tetapi kuat, sementara sperma laki-laki lebih cepat tetapi lemah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.