Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peduli Kanker Payudara, Jakarta Akan Jadi "Pink" Oktober Nanti

Kompas.com - 02/09/2015, 16:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak dialami para wanita. Kanker ini pun bisa disembuhkan jika terdeteksi sejak dini. Sayangnya, lebih banyak pasien kanker payudara yang datang berobat saat sudah stadium lanjut.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, setiap bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan kesadaran kanker payudara. Sejumlah negara di dunia rutin menggelar acara kepedulian kanker payudara pada bulan tersebut.

Di Jakarta, salah satu komunitas kanker payudara Lovepink kembali menggelar Jakarta Goes Pink pada 4 Oktober 2015. "Ini juga untuk para perempuan Indonesia yang masih berjuang melawan kanker payudara dan apresiasi kita kepada para survivor yang telah berhasil berjuang melawan kanker," ujar Pendiri Lovepink dan juga Ketua Pelaksana Jakarta Goes Pink 2015, Madelina Mutia dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (2/9/2015). '

Jakarta Goes Pink merupakan acara jalan bersama para pejuang kanker payudara atau mereka yang telah berhasil bebas dari kanker payudara, dan para pendukung pejuang kanker payudara.

Dalam acara yang akan digelar di Plaza Selatan Senayan, Jakarta Selatan, para peserta jalan bersama diminta berpakaian warna pink, yang merupakan simbolis untuk kanker payudara.

Untuk mendukung gerakan ini, rencananya lampu-lampu di Monumen Nasional, Bundaran Hotel Indonesia, dan Balai Kota DKI Jakarta akan berwarna pink selama satu bulan Oktober.

Selain itu, Lovepink juga akan meluncurkan aplikasi ponsel untuk para wanita. Dalam aplikasi tersebut, para wanita bisa mengikuti langkah melakukan SADARI atau periksa payudara sendiri dan juga menjadi pengingat kapan harus melakukan sadari.

Lovepink juga menyediakan layanan mobil USG keliling untuk menjangkau lebih banyak lagi wanita yang melakukan deteksi dini. "Banyak wanita enggak mau periksa payudara ke dokter atau ke rumah sakit karena takut. Dengan adanya mobil USG keliling warna pink kita buat suasanya bersahabat dan lebih banyak lagi yang melakukan SADARI," ujar Ketua Lovepink Samantha Barbara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com