Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2015, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Anda sering mengalami sakit kepala? Penyebabnya bisa jadi karena stress atau jam kerja yang terlalu panjang. Sangat penting untuk mencegah sakit ekpala, karena jika dibiarkan sakit kepala bisa menjadi serangan migraine. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya sakit kepala.


1. Istirahat sejenak

Jika sakit kepala yang muncul berkaitan dengan pekerjaan, maka penting mengambil sedikit waktu untuk beristirahat sejenak. Cukup dengan memejamkan mata dan beristirahat sekitar lima menit atau lebih. Anda pun tak perlu meninggalkan meja kerja untuk melakukannya.

Selain itu, Anda bisa mendengarkan musik favorit dan bersantai. Istirahat sejenak dapat membantu mengurangi stres yang berkaitan dengan pekerjaan, yang mana selanjutnya dapat mencegah munculnya sakit kepala.


2. Makan camilan

Sering kali, sakit kepala juga disebabkan karena menurunnya kadar gula darah atau tekanan  darah. Jadi, usahakan untuk mengonsumsi camilan beberapa jam sekali. Makan camilan akan menjaga kadar gula darah. Namun, jangan lupa pilih camilan yang kaya protein dan magnesium agar Anda tetap aktif dan segar. Makan camilan juga bisa mencegah pandangan kabur ketika Anda mulai lelah bekerja.


3. Pijat kepala

Pijatan dapat menjadi cara ampuh untuk mencegah dan menyembuhkan sakit kepala. Memijat kepala selama 15 menit dapat merilekskan otot-otot Anda. Anda bisa menggunakan minyak aromaterapi untuk memberikan efek rileksasi. Memijat di titik pusat ketegangan dapat mengurangi stress dan mencegah sakit kepala.


4. Penuhi kebutuhan cairan

Dehidrasi adalah salah satu penyebab sakit kepala. Jika Anda kurang minum dalam sehari, maka akan menyebabkan dehidrasi dan jika dibiarkan akan menyebabkan sakit kepala. Jadi, penuhiii kebutuhan cairan minimal dua liter per hari. Nda bisa mengonsumsi jus segar atau teh hijau untuk mencegah dehidrasi. Tingkatkan asupan cairan per hari untuk mencegah sakit kepala.


5. Menyingkir dari layar laptop 

Penyebab lain sakit kepala adalah terlalu lama menatap layar.  Istirahatkan mata Anda dari layar. Jika tak memungkinkan meninggalkan meja kerja, cukup alihkan pandangan mata ke arah lain. Bila posisi Anda di dekat jendela, Anda bisa menikmati pemandangan di luar. Lakukan ini selama lima sampai sepuluh menit.

Menatap layar terlalu lama dapat meneybabkan ketegangan otot di sekitar kepala dan leher, yang sangat mudah menyebabkan munculnya sakit kepala. Jadi, luangkan sedikit waktu untuk mencegah ini terjadi.


6. Rutin berolahraga

Olahraga dapat mencegah datangnya sakit kepala. Berolahraga rutin dapat emmbuat tubuh Anda lebih fleksibel. Sehingga, Anda tidak menderita kekakuan otot atau nyeri otot yang dapat emnyebabkan sakit kepala. Olahraga sekitar sejam dapat membantu mencegah dan menyembuhkan sakit kepala. Selain itu, olahraga juga meningkatkan suplai oksigen ke otak, yang dapat mencegah sakit kepala.


7. Berhenti merokok

Tahukah Anda, merokok juga menyebabkan sakit kepala? Merokok dapat menyebabkan dehidrasi yang kemudian menyebabkan sakit kepala. Hindari merokok untuk mencegah sakit kepala. Batasi diri untuk merokok jika Anda peduli pada kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com