Kompas.com - 04/09/2015, 09:00 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk ketiga kalinya, Shave For Hope mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membotaki rambut sebagai bentuk dukungan pada anak-anak yang menderita kanker. Shave For Hope kali ini akan digelar di Lippo Mall Kemang, Jakarta, pada Minggu (6/9/2015).

“Kami ingin memberikan dukungan moril kepada anak-anak. Dengan mencukur rambut, anak-anak penderita kanker tidak akan merasa sendirian,” ujar pengagas Shave For Hope, Steny Agustaf Rahman dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (9/3/2015).

Seperti diketahui, saat menjalani pengobatan kemoterapi, anak-anak akan mengalami kerontokan rambut hingga akhirnya kepala menjadi botak. Tak hanya dukungan moril yang diberikan. Dengan bersedia kepalanya dibotaki alias mencukur habis rambut, Anda akan dihargai Rp 100.000 per kepala oleh donatur.

Donasi tersebut kemudian akan disumbangkan kepada Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia, yakni yayasan yang fokus membantu kanker anak.

“Bantuan dari masyarakat untuk biaya pengobatan dan kebutuhan anak lainnya. Orangtua juga kita bantu.  Misalnya, bapak atau ibu stres karena anak keluar masuk rumah sakit, keluar uang, akan kita bantu. Ada juga untuk konsultasi. Sekarang kita juga akan membantu pendidikan mereka,” terang Ketua Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia Lanang.

Para wanita juga bisa ikut berdonasi dengan memotong rambut panjang menjadi pendek atau di atas bahu. Termasuk wanita berhijab yang akan disediakan tempat khusus saat memotong rambut. Gerakan ini juga didukung oleh para artis yang akan membotaki rambutnya, antara lain, Indra Bekti, Sogi Indra, Ananda Omesh, Rhesa (Endah N Rhesa), dan Tora Sudiro. Juga dua artis wanita yang memotong pendek rambut panjang mereka, yaitu Asti Ananta dan Jenny Jusuf.

Ada masyarakat yang telah mendaftar melalui www.shaveforhope.org, kemudian akan dicukur rambutnya pada pekan depan. Jika belum mendaftar, dapat langsung mendatangi Lippo Mall Kemang pekan depan.

Tahun 2012 lalu, Shave For Hope berhasil mengumpulkan Rp 1,3 miliar dan sebanyak 1064 orang dipotong rambutnya. Kemudian, pada 2013, dikumpulkan Rp 1,1 miliar dan total 3381 orang yang dicukur rambutnya. Tahun ini, ditargetnya mencapai 5000 orang yang bersedia rambutnya dipotong untuk mendukung kanker.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.