Sering Pakai Sepatu Hak Tinggi Tingkatkan Risiko Radang Sendi

Kompas.com - 04/09/2015, 18:45 WIB
ilustrasi Shutterstockilustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com - Sepatu hak tinggi atau high heels merupakan alas kaki favorit para wanita untuk mempercantik tampilan kakinya. Namun, siapa sangka di balik memakai sepatu hak tinggi ada berbagai masalah kesehatan yang muncul.

Salah satunya adalah osteoarthritis, yaitu jenis radang sendi karena terjadi kerusakan pada tulang rawan sendi. Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi M Rizal Chaedir menjelaskan, saat memakai high heels, berdirinya kaki bisa menjadi tidak stabil.

"Kaki jadi goyang dan akan merusak rawan sendinya di lutut. Jadi itu kan mekanikal aja," kata Rizal di Jakarta beberapa waktu lalu. Tak hanya persendian di lutut yang berisiko terkena asteoarhtitis, tetapi juga pinggul, hingga pergelangan kaki.

Pada saat memakai high heels, apalagi yang terlalu tinggi, ujung kaki akan lebih condong ke depan dan menahan beban. Tak sedikit wanita yang kesakitan jika memakai high heels yang tidak cocok dan nyaman di kaki.

Menurut Rizal, pakai high heels sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah berarti jika otot-otot kaki kuat. Memiliki otot kuat akan mampu menahan beban lebih baik dan membuat kaki lebih stabil saat berdiri mengenakan high heels. "Kalau otot lemah bisa menimbulkan kerusakan lebih cepat terjadi," ujar Rizal.

Untuk membentuk dan memperkuat otot, Rizal menyarankan untuk rutin olahraga secara teratur. Misalnya, dengan olahraga lari, bersepeda, fitness, dan olahraga aerobik lainnya.

Osteoarthritis umumnya memang terjadi pada orang-orang berusia lanjut. Namun, osteoarthritis bisa terjadi lebih cepat, jika memiliki faktor risiko seperti obesitas dan memiliki kebiasaan sering memakai sepatu hak tinggi hingga olahraga ekstrim, seperti mengangkat beban berat maupun loncat-loncat.

Penyakit ini juga lebih sering ditemui pada wanita, karena pengaruh perubahan hormonal setelah menopause atau berhentinya menstruasi pada wanita.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X