Kompas.com - 09/09/2015, 17:25 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Sembelit atau konstipasi adalah gangguan pencernaan yang membuat Anda menjadi kesulitan untuk melakukan buang air besar. Sembelit dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Sembelit ditandai dengan tinja yang lebih keras, kering, dan berbentuk butiran kecil-kecil; ada darah pada tinja; anak terlihat mengerang kesakitan dan rewel; serta ada cairan yang keluar di antara tinja dan rektum.

Salah satu penyebab terjadinya sembelit pada anak balita adalah makanan. Umumnya, anak balita hanya mau mengonsumsi makanan yang itu-itu saja dan sedikit sehingga mereka rentan sembelit.

Nah, untuk mencegah sembelit pada anak balita yang semakin parah karena mereka kerap menahan buang air besar (BAB), ada baiknya membatasi makanan yang mereka konsumsi. Selain itu, ketahui juga makanan pemicu sembelit pada anak balita, seperti berikut ini:

1. Yoghurt

Yoghurt dapat menyebabkan sembelit pada anak balita seperti halnya susu. Saat mereka sembelit, sebaiknya untuk sementara jauhkan mereka dari yoghurt. Jika keadaan mulai membaik, baru perbolehkan mereka mengonsumsi yoghurt, tetapi sedikit demi sedikit.

2. Susu

Susu adalah minuman yang disukai anak balita. Kandungan nutrisinya sangat baik. Namun, susu merupakan salah satu penyebab sembelit pada anak balita. Dalam hal ini, yang dibutuhkan adalah susu rendah serat untuk merangsang aktivitas usus sehingga proses pembuangan menjadi lancar. Sementara itu, anak yang alergi protein susu biasanya akan mengalami kesulitan BAB.

3. Nasi putih

Nasi putih memang bermanfaat untuk menambah energi. Namun jika nasi putih dikonsumsi terlalu banyak, maka si kecil bisa sembelit. Ini karena nasi putih memiliki kandungan serat yang sedikit. Nasi merah adalah alternatif sumber karbohidrat yang kaya serat sehingga dapat mencegah sembelit.

4. Pisang

Pisang termasuk dalam pola makan BRAT (banana, rice, apple, toast) yang direkomendasikan untuk mengatasi diare pada anak dan orang dewasa. Pisang akan membuat tinja lebih keras sehingga dapat memicu terjadinya sembelit.

5. Keju

Seperti halnya susu dan yoghurt, keju yang juga merupakan produk olahan susu juga dapat menjadi pemicu sembelit pada anak balita, terutama jika anak lebih banyak makan keju ketimbang sayur dan buah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.