Kompas.com - 10/09/2015, 10:01 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com- Bagi kebanyakan wanita, merias wajah atau make-up merupakan cara untuk mempercantik penampilan. Sejumlah produk kosmetik untuk wajah dapat menutupi bekas jerawat, bintik-bintik hitam, hingga keriput.

Tetapi, menggunakan make-up sebaiknya tidak setiap hari. Sebab, beberapa produk kosmetik justru mengandung zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang. Berikut 8 alasan mengapa Anda tak perlu merias wajah setiap hari.

1. Tidak Sehat Untuk Kulit
Beberapa produk kecantikan mengandung zat beracun yang justru bisa merusak kulit jika dipakai dalam jangka panjang. Gunakanlah alat kosmetik seminimal mungkin untuk mengurangi risiko bahaya kesehatan.

2. Ada cara alami mempercantik wajah
Perlu diketahui, make-up bukanlah satu-satunya solusi mempercantik wajah. Agar kulit wajah tetap sehat, gunakan bahan-bahan alami untuk perawatan wajah. Kurangi ketergantungan terhadap make-up.

3. Hemat pengeluaran
Membeli produk kecantikan dengan kualitas terbaik tentunya tidak murah. Dengan mengurangi pemakaian kosmetik, keuangan Anda pun tentunya akan lebih hemat.

4. Kulit bernapas
Tanpa make-up, berarti Anda memberikan kesempatan kepada kulit untuk bernapas lebih lama. Lapisan make-up data menyumbat pori-pori yang menghambat kulit untuk bernapas secara alami.

5. Meringankan bawaan
Tanpa make-up bermacam-macam, Anda tidak perlu membawa sejumlah produk kosmetik di dalam tas. Ini tentunya akan meringankan bawaan Anda.

6. Terhindar dari racun
Anda dapat menghirup zat kimia beracun jika sering menggunakan produk kosmetik yang wangi atau berbau. Beberapa hari saja tanpa make-up, akan membantu sistem pernapasan Anda lebih baik.

7. Wajah terlihat lebih natural
Tanpa make-up, wajah Anda akan terlihat lebih natural. Wajah yang terlihat cantik alami dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Anda cukup mengandalkan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit wajah.

8. Lebih menarik di mata pria
Menurut sebuah survei, pria lebih suka dengan wanita yang tidak memakai make-up atau tidak memoles wajah dengan kosmetik terlalu tebal. Survei tersebut menunjukkan, sejumlah pria menganggap wanita yang cantik alami akan lebih menarik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber BOLDSKY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.