Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2015, 19:01 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Mendapatkan kulit kencang di usia yang tak lagi muda nyatanya tak mesti berbiaya mahal. Walau perawatan di salon atau penggunaan krim antipenuaan bisa saja membantu, namun para ilmuwan telah menemukan cara yang lebih alami, mudah, dan murah untuk mendapatkan tampilan kulit yang terlihat lebih muda. Tanpa perlu ditakutkan akan efek samping bahan kimia buatan yang ada di dalam sebuah produk kecantikan pabrikan.

Kabar gembiranya, kulit buah yang dinyatakan bisa menjadi obat awet muda tersebut bisa langsung dikonsumsi karena rasanya yang segar. Anda pun bisa dengan mudah mendapatinya di pasar atau swalayan. Ya, para ilmuwan dari University of Iowa baru saja menemukan bahwa, di dalam kulit apel serta kulit tomat hijau, terkandung senyawa alami yang bisa membuat kulit terlihat lebih segar dalam hitungan bulan saja.

Profesor sekaligus penulis utama penelitian tersebut, Christopher Adams menuturkan, senyawa alami antipenuaan  yang terdapat dalam kulit apel ialah ursolic acid. Sedang kandungan yang terdapat dalam tomat hijau ialah tomatidine. Keduanya dapat mengurangi aktivitas ATF4, yaitu protein yang memicu pemborosan otot, mengubah pembentukan gen, menyebabkan kelelahan otot, hingga membuat kulit kehilangan kekenyalannya.

Para ilmuan berharap, penemuan ini bisa  membantu banyak orang, terutama orang dewasa yang telah mendekati masa pensiun untuk memiliki kulit yang lebih segar. Selain itu, fungsi senyawa yang juga bisa mengurangi pemborosan otot, bisa membuat seseorang merasa lebih fit dan aktif lebih lama di usia tua. Dengan melakukan treatment sehat ini minimal 2 bulan, senyawa alami pada kulit apel dan tomat hijau diharapkan mengubah otot yang sudah tua menjadi lebih muda.

Jadi, tak perlu lagi membuang bagian kulitnya saat memakan apel. Selain awet muda, makan apel sekali sehari telah lama diyakini, bisa membuat tubuh jauh dari penyakit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com