Kompas.com - 17/09/2015, 11:43 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
JAKARTA, KOMPAS.com - Berjalan merupakan salah satu tahap perkembangan anak yang paling dinanti oleh orangtua. Umumnya, saat usia 9-12 bulan anak sudah mulai berjalan atau melangkah dengan bantuan. Kemudian, pada usia 12-15 tahun biasanya anak sudah bisa berjalan sendiri tanpa dipegangi orangtua.

Psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan, tahapan berjalan merupakan tonggak penting dalam tumbuh kembang karena saat itulah anak mulai bisa lepas dan menjadi lebih mandiri.

Berjalan juga suatu kegiatan yang rumit bagi bayi karena otot kaki dan tangannya harus kuat dan menopang berat badannya.

"Anak harus menjaga keseimbangan, dan ketika melangkah dia harus mengubah beban dari satu titik ke titik yang lain," kata Vera dalam diskusi Pentingnya Langkah Pertama di Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Untuk itu, Vera mengatakan, sedikitnya ada tiga hal yang perlu dilakukan orangtua ketika anak sedang belajar berjalan.

1. Sediakan ruangan yang luas dan aman
Sediakan ruangan yang cukup lega untuk anak bisa belajar berjalan. Singkirkan barang-barang yang menganggu atau tidak aman agar anak leluasa melangkahkan kakinya. Selain itu pastikan ruangan aman. Misalnya, lantai tidak licin, tidak ada benda tajam.

2. Beri kesempatan anak untuk berjalan
Sudah ada ruangan yang luas, maka berikanlah kesempatan yang lebih banyak pada anak untuk belajar berjalan. "Percuma ada ruangan, kalau digendong doang, atau di atas stroler doang, nanti jadi enggak ada latihan," jelas Vera.

Menurut Vera, orangtua jangan terlalu takut anak terjatuh saat belajar berjalan. Terpenting jangan lepas dari pengawasan dan pendampingan.

3. Apresiasi
Ketika anak sudah berhasil berjalan, berikan si kecil apresiasi dengan bertepuk tangan. Menurut Vera, anak akan merasa senang dan semangat ingin mengulang kembali latihan berjalannya.

Di sampig itu, Vera mengingatkan pentingnya stimulasi motorik agar anak sudah bisa berjalan sesuai usianya. Bisa dengan memberinya mainan dan berenang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.