Kompas.com - 19/09/2015, 09:19 WIB
TANYA:

Saya memiliki tetangga yang nasibnya cukup menyedihkan. Ia hamil oleh kekasihnya yang tidak bertanggung jawab karena sekarang pacarnya itu menghilang. Gadis itu akhirnya memang melahirkan bayinya yang kini diasuh oleh kakek-neneknya. Namun, ibu si bayi kini seperti orang gangguan jiwa dok karena ia sering melamun dan tidak peduli pada bayinya. Menyusui dan menggendong pun tidak mau. Malah ia sering bicara dan tertawa sendiri.
 
Dok, sebenarnya kondisi seperti tetangga saya itu apakah masih bisa disembuhkan? Saya merasa kasihan dengan masa depan bayinya. Mereka bukan keluarga mampu, sehingga apakah bisa ditanggung oleh BPJS? Terima kasih atas penjelasannya.
 
Willy, Bekasi

JAWAB:

Willy yang baik,
Gangguan kejiwaan bisa dipicu oleh suatu stres yang berat dan tidak bisa diadaptasi baik oleh orang yang mengalaminya. Tetangga anda sepertinya mengalami hal tersebut. Faktor-faktor lingkungan dan bawaan genetik dari orang tersebut akhirnya mencetuskan suatu masalah kejiwaan yang dialami olehnya saat ini.

Kondisi gangguan kejiwaan bisa dikendalikan (terkontrol) dan beberapa bisa sembuh baik seperti sedia kala. Beberapa kasus gangguan jiwa yang pemicunya jelas akan mempunyai harapan sembuh yang lebih baik apabila faktor pemicu dan pengobatannya ditangani dengan baik.

Saya rasa berobat ke pusat layanan kesehatan dengan BPJS sangat bisa dianjurkan. Anda bisa menyarankan untuk berobat ke puskesmas terlebih dahulu atau ke klinik yang menerima pasien BPJS (tentunya si pasien harus mempunyai BPJS terlebih dahulu) lalu bisa mendapatkan rujukan untuk berobat ke pusat layanan kesehatan yang ada pelayanan psikiatrinya yang menerima BPJS. Semakin cepat diatasi akan semakin baik.

Semoga membantu. Salam Sehat Jiwa
 

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X