Kompas.com - 20/09/2015, 19:50 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Flu yang disertai sakit kepala, batuk-batuk, hidung berlendir, bahkan radang tenggorokan, tentu membuat tubuh menjadi tak nyaman. Bagi ibu hamil, kondisi ini bisa terasa lebih para lagi, sebab mengonsumsi obat-obatan, khususnya di kehamilan trimester pertama, ditakutkan akan mengganggu pertumbuhan organ-organ janin. Bahkan, kondisi flu yang parah di awal kehamilan bisa meningkatkan risiko terganggunya pertumbuhan janin.


“Vaksin flu yang rutin dilakukan setiap tahun bisa menjadi prioritas bagi mereka yang berencana untuk hamil atau sedang menjalani program kehamilan,” saran Dr. Edward McCabe, kepada medis di March of Dimes dalam sebuah rilis berita. 


“Sudah semestinya para pelayan kesehatan menawarkan para calon ibu atau ibu hamil untuk melakukan vaksin tersebut, bila tidak, sebaiknya pasienlah yang berinisiatif.”

 
Vaksin flu bisa menunjang kesehatan ibu hamil, terlebih saat musim flu tiba. Biasanya di awal musim penghujan atau sebaliknya, di awal musim panas. Dalam kondisi tidak hamil, vaksin flu sebaiknya dilakukan satu kali selama setahun bila memang diperlukan.

Selain vaksin, ibu hamil bisa menghindari flu dengan cara menghindari kontak langsung dengan penderita, mencuci tangan setelah bepergian, tidak berbagi piring, gelas, serta sikat gigi dengan siapapun. Disarankan pula, orang-orang yang tinggal bersama ibu hamil juga melakukan vaksin flu agar tak menularkan virus.

“Flu dianggap sebagai penyakit ringan, namun tidak demikian untuk ibu hamil. Ada baiknya melakukan pencegahan sebelum terjangkit,” lanjut Dr. Edward.


Sumber MSN.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X