Kompas.com - 21/09/2015, 09:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Bila kini Anda sedang dalam misi mencapai target penurunan berat badan, beberapa cara unik dan menyenangkan ini bisa sangat membantu.

Nikmati aroma makanan sebelum makan

Tak hanya mata dan lidah yang bisa dipuaskan kala berwisata kuliner. Hidung pun perlu mendapat perlakuan yang sama. Sebab, dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh The Journal Flavour menemukan, semakin kuat bau makanan, semakin sedikit makanan yang dimakan.

Ketika para koresponden dalam studi tersebut diminta untuk mencium terlebih dahulu aroma makanan penutup yang akan mereka makan, hasilnya, mereka makan 5-10% lebih sedikit ketimbang koresponden lain yang tidak melakukannya. Intinya, mencium aroma sedap memberikan kita kepuasan kuliner tersendiri. Sehingga kita kita sudah cukup puas walau hanya makan sedikit.

 

Samakan antara warna piring dengan warna makanan

Sebuah studi meminta korespondennya untuk mengambil makanan di prasmanan dengan dua pilihan menu, yaitu pasta dengan saus tomat (merah) dan saus krim (putih). Grup koresponden pertama menggunakan piring dengan warna senada dengan warna makanan; pasta saus tomat dengan piring merah dan pasta saus krim dengan piring putih.

Sedang grup kedua mendapati warna kontras antara piring dan makanan; menggunakan piring putih untuk pasta saus tomat dan piring merah untuk pasta saus krim. Hasilnya, mereka yang menggunakan warna piring senada dengan warna makan, 22% lebih banyak ketimbang mereka menggunakan warna piring berbeda dengan warna makan. Jadi, gunakan piring berwarna hitam atau merah bila ingin makan nasi lebih sedikit.

 

Catat porsi secara visual

Kebanyakan orang cenderung lupa sebanyak apa makanan yang telah masuk ke perut, itu bisa membuat seseorang makan lebih banyak kemudian. Sehingga bila Anda benar-benar dalam misi menurunkan berat badan, tak ada salahnya untuk mengabadikan apa saja makanan yang telah disantap hari ini dengan kamera. Anda bisa melihatnya kembali sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah kudapan.

Cara mudah lainnya, siapkan sebuah mangkuk kecil. Pastikan apapun yang Anda makan, porsinya tak boleh melebihi mangkuk tersebut. Ya, menentukan porsi secara visual bisa membuat Anda makan lebih sedikit ketimbang Anda menghitung jumlah kalori.

 

Halaman:
Sumber TIME.com

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.