Kompas.com - 22/09/2015, 15:35 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ternyata ada dosis yoga yang pas untuk mendapatkan efek rilek dan menaikkan mood. Dosis tepat ini didapat dari sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Alternative and Complimentary Medicine.

Dalam studi tersebut, peneliti membandingkan orang-orang yang berlatih yoga lebih dari tiga hari per minggu dibandingkan dengan yang latihan dua kali atau lebih sedikit dari itu. Setelah tiga bulan latihan yoga teratur, peserta penelitian didapati tidur lebih nyenyak, merasa lebih tenang, tidak stres dan lebih bahagia.

Mereka yang latihan kurang dari tiga kali seminggu mengalami lebih sedikit perbaikan kualitas hidup.

"Dalam yoga, gerakan dan napas membangkitkan respon rileksasi dan studi membuktikan setelah 20 menit dalam keadaan rileks, hormon stres berkurang, suasana hati membaik dan rasa cemas berkurang," kata Eva Selhub, MD, penulis Your Health Destiny : How to Unlock Your Natural Ability to Overcome Ilnesss.

"Ketika Anda beryoga setiap hari, efeknya terus terbawa. Semakin banyak Anda beryoga, semakin tahan terhadap stres dan mampu Anda menghadapinya," katanya.

Hal ini menjelaskan mengapa latihan yoga paling tidak seminggu tiga kali lebih baik dari seminggu sekali. Kendati demikian, ketika Anda hanya berlatih napas dalam atau merilekkan ketegangan otot dalam keseharian di luar kelas yoga juga ternyata ada manfaatnya.

Fakta dari penelitian, peserta penelitian memperhatikan perbaikan kadar stres dan suasana hati setiap selesai beryoga. Sementara bila hanya kadang-kadang beryoga, Anda mungkin merasa lebih baik sementara saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Berkomitmen melakukan latihan yoga secara teratur akan mendatangkan efek rileksasi lebih berkelanjutan," kata Selhub.

 


Sumber MSN.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X