Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2015, 12:00 WIB
KOMPAS.com - Daun jambu biji sudah sejak lama dipakai dalam pengobatan kuno untuk mengatasi berbagai penyakit. Daun tanaman ini kaya akan antioksidan, zat antiperadangan, antibakteri, dan tanin yang memang terkenal memiliki efek penyembuhan.

Seperti halnya buahnya, daun jambu biji juga bisa diolah menjadi berbagai makanan, misalnya diseduh seperti teh atau dibuat jamu godok.

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan daun jambu biji.

- Diare
Meminum air teh daun jambu biji atau mengonsumsi ekstraknya dalam bentuk kapsul bisa membantu kita menyembuhkan diare. Penelitian tahun 2008 yang dilakukan pada tikus di laboratorium menunjukkan ekstrak daun jambu biji terbukti memang memiliki kandungan antidiare.

Para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun ini mampu menunda terjadinya diare, mengurangi frekuensi buang air besar, dan juga mengurangi keparahan diare.

- Obesitas
Buah jambu biji memang kaya serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet atau dibuat menjadi suplemen. Tetapi ternyata daun jambu biji memiliki manfaat yang hampir sama.

Kandungan dalam daun jambu biji menghambat pati kompleks diubah menjadi gula. Dalam tubuh kita gula dimetabolisme oleh liver yang kemudian diubah menjadi lemak. Hal ini yang menyebabkan kenaikan berat badan. Nah, proses ini bisa dihambat oleh zat dalam daun jambu biji.

- Diabetes
Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji membuatnya jadi buah yang ramah bagi pasien diabetes melitus karena ia memperlambat penyerapan gula dalam darah. Sementara itu, ekstrak daun jambu biji terbukti bisa mencegah diabetes. Teh daun jambu biji juga sudah dipasarkan untuk membantu mencegah diabetes.

- Kolesterol tinggi
Rutin mengonsumsi daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Demikian menurut penelitian tahun 2010. Mengonsumsi buahnya juga memiliki khasiat yang sama karena kandungan lemaknya sangat rendah.

- Kanker lambung
Ekstrak daun jambu biji memiliki kandungan antikanker dan antitumor, misalnya likopen, quercetin dan vitamin C yang akan bekerja sebagai antioksidan dan menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Penelitian tahun 2011 menunjukkan, saat ekstrak daun jambu biji rutin dikonsumsi ternyata bisa memicu sel kanker lambung menyerang dirinya sendiri.

- Kanker prostat
Daun jambu biji kaya akan likopen yang sangat baik dalam melawan kanker seperti kanker payudara, prostat dan kanker oral. Likopen bekerja dengan menghambat produksi androgen, hormon pria yang bisa memicu pertumbuhan sel pada beberapa jenis kanker prostat.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com