Kompas.com - 30/09/2015, 13:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Bagi pecinta jenis masakan Italia, sepotong pizza bisa terlihat begitu menggoda. Menghabiskan 1 lembar pizza tampaknya bukanlah sebuah dosa besar, walau sebenarnya jumlah kalori dalam 1 lembar pizza bisa mencapai 270 kalori. Hampir mirip dengan kalori 1 porsi nasi goreng polos dengan jumlah kalori 259 kkal. Padahal, rata-rata orang yang memakan pizza tak cukup hanya 1 lembar, rata-rata menghabiskan 2-3 lembar pizza dalam satu kesempatan.

Meski begitu, di Amerika, Eropa, bahkan Asia, pizza sudah menjadi salah satu menu utama bahkan kudapan yang begitu banyak peminatnya. Karena itulah, Ted Allen dan tim peneliti dari Popular Science mencoba menghitung jumlah kalori pada pizza dan menemukan strategi untuk membuat jumlah kalori dalam 1 lembar pizza tak sebesar jumlah kalori sepiring nasi goreng.


Mereka mendapati, menghilangkan minyak pizza terlebih dahulu dengan tisu atau sapu tangan bisa mengurangi kalori pizza sebanyak 50 kalori.

Dr. Roshini Raj kepada CNN juga menyatakan, “Menyerap minyak dalam 1 lembar pizza dengan tisu atau sapu tangan mungkin hanya bisa mengurangi 35 sampai 50 kalori. Tidak banyak. Namun bila Anda memakan beberapa lembar pizza, itu akan sangat membantu, bukan?”

Raj memberi gambaran, misalnya saja dalam 1 potong pizza terdapat 270 kalori. Bila menggunakan tisu bisa mengurangi hingga 35 kalori, maka bila Anda memakan 3 lembar sekaligus, kalori yang terbuang adalah 105 kalori, bahkan bisa mencapai 150 kalori bila minyak pada pizza benar-benar terserap.


Dan bila dalam setahun ada 100 lembar pizza yang Anda makan, maka jumlah kalori yang terselamatkan ialah sekitar 3.500 hingga 5.000 kkal per tahunnya, atau hampir setara dengan 1 kilogram lemak.

Namun, strategi ini ternyata menuai kontroversi di kalangan pecinta pizza. Sebab, saat menggunakan tisu atau sapu tangan, sedikit banyak akan membuat rasa pizza berkurang karena saus atau keju bisa saja menempel pada tisu. Namun sekali lagi, ini adalah sebuah pilihan. Menjadikan pizza lebih sehat atau tetap membuat sebuah pizza sebagai pemanja lidah dalam sesekali waktu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber MSN.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.