Kompas.com - 03/10/2015, 14:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
JAKARTA, KOMPAS — Sistem pembayaran BPJS masih banyak masalah. Hal itu menyebabkan masyarakat enggan membayar atau menjadi peserta. Untuk mengatasinya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan memperluas jaringan pembayaran memanfaatkan jaringan non-perbankan.

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Riduan mengatakan, terdapat tiga masalah besar dalam pembayaran iuran, yakni soal kemampuan dan pemahaman peserta, akses pembayaran, dan kemauan atau niat peserta.

"Terkadang peserta lupa atau kesulitan membayar iuran BPJS. Bahkan, sebagian besar tidak paham mekanisme pembayaran," kata Riduan di sela-sela acara Grand Launching Channel Payment Point Online Bank (PPOB) di Jakarta, Jumat (2/10).

BPJS Kesehatan bekerja sama dengan empat mitra bank, yakni Bank BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Selain itu, BPJS juga menyediakan outlet tradisional yang dapat dilakukan agen-agen yang tersebar luas di masyarakat. Namun, sistem kerja sama tersebut dinilai kurang karena tingkat kesadaran masyarakat untuk membayar iuran masih rendah.

"Pantauan kami kesadaran masyarakat untuk membayar baru 55 persen," kata Riduan.

Tempat pembayaran diperluas

Untuk mempermudah akses masyarakat melakukan pembayaran, BPJS melalui program PPOB menambah kerja sama menggandeng minimarket, seperti Indomaret, Alfamart, dan 7eleven.

Sampai saat ini terdapat 2.489 outlet tradisional, yakni lewat bank mitra, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mulai September 2015, peserta BPJS juga dapat melakukan pembayaran di 11.400 outlet minimarket di seluruh Indonesia.

Sampai 2015, BPJS memiliki 153 juta peserta dan jumlahnya akan terus bertambah. Saat ini masyarakat bisa mengakses layanan pendaftaran BPJS melalui internet dan mencetak sendiri kartu e-ID BPJS Kesehatan.

"Bagi peserta yang ingin membayar iuran di minimarket, cukup menunjukkan nomor VA kepada kasir," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.