Kompas.com - 06/10/2015, 17:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Obat antiretroviral memang berhasil memperpanjang usia orang dengan HIV. Tetapi, hidup lebih lama juga meningkatkan risiko mereka terkena kanker.

Risiko kanker yang meningkat pada orang dengan HIV (ODHA) antara lain kanker anal, kolorektal dan kanker liver. Demikian menurut penelitian terhadap 90.000 ODHA.

Menurut Institut Kanker Amerika, risiko kanker pada pasien HIV terutama pada kanker kulit jenis sarkoma kaposi, non-Hodgkin limfoma, dan kanker serviks. Hal ini terjadi karena sistem imun yang rendah dan tingginya infeksi dari kanker akibat virus.

Terapi antiretroviral untuk HIV, diluncurkan tahun 1996, bisa memperpanjang usia ODHA sampai 75 tahun. Risiko kanker pada populasi umum memang sulit diturunkan, tetapi pada kelompok ODHA juga meningkat.  Bahkan pada tahun 2009 terinfeksi HIV menjadi salah satu faktor risiko kanker sarkoma kaposi, non-Hodgkin limfoma atau kanker paru.

Tetapi kanker bukan satu-satunya penyakit yang menghantui ODHA. "Risiko penyakit jantung, osteoporosis, dan penyakit ginjal, juga banyak diderita pasien HIV," kata Jeffrey Laurence, konsultan peneliti sains dari lembaga penelitian AIDS.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Sumber HEALTHDAY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.