Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2015, 12:50 WIB

KOMPAS.com - Masih setengah hari di tempat kerja dan kita sudah menjadi “zombie”.  Tidak semangat menatap layar komputer, kelopak mata rasanya sangat berat dan otak seperti tersumbat. Hal pertama kita pikirkan pasti, harus segera minum kopi agar kita tetap terjaga dan segar. Namun ternyata, ada 4 cara lain agar kita tetap berenergi tanpa kafein:

Menonton video lucu

Jeda sebentar untuk menonton video lucu membuat kita lebih siaga. Hal itu terjadi karena menyetel sesuatu yang menghibur membantu menghilangkan perasaan hampa setelah menatap layar komputer terlalu lama. “Mengubah fokus untuk sementara waktu ke hal-hal yang menyenangkan dapat memecah lamunan. Membuat kita terjaga,” kata Anne Milasincic Andrews, Ph.D, dari University of California, Los Angeles.

Minum segelas air

Jika kita bekerja hampir setiap hari, bukan hanya kelehan yang bisa menghambat kita, namun juga dehidrasi. Dehidrasi bisa mempengaruhi aliran darah menuju otak. “Salah satu sistem utama yang merasakan efek dehidrasi adalah aliran darah dan gizi ke otak,” kata Andrews. Minum segelas air bisa menjadi “wake-up call” yang kita butuhkan.

Pergi ke luar

Jalan-jalan sebentar di sekitar kantor mungkin bisa membantu kita terjaga, namun berjalan-jalan di luar kantor lebih baik. “Berada di luar ruangan meningkatkan denyut jantung dan paparan dari sinar matahari efektif bagi sebagian orang yang ingin meningkatkan kesiagaan,” terang Andrews. Lima menit pun sudah cukup. Kita hanya membutuhkan sedikit aktivitas fisik untuk memecah efek duduk terlalu lama.

Mengunyah permen mint

Jika sedang bosan biasanya kita ingin mengemil sesuatu yang manis. Namun, siang hari merupakan waktu berbahaya untuk mengemil karena kadar gula darah akan mencapai titik terendahnya sekitar tiga jam setelah makan siang. Andrew menyarankan sebaiknya kita mengunyah permen mint saja karena sensasi segarnya di mulut cukup untuk “membangunkan” kita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com