Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2015, 11:45 WIB
TANYA:
 
Saya sedang menjalin hubungan dengan kekasih selama 3 bulan. Ia orang yang baik, perhatian, dan kami juga seiman. Tetapi saya ragu untuk melanjutkan hubungan ini karena orangtua saya tidak setuju gara-gara ibu kekasih saya menderita skizofrenia. Memang calon mertua saya itu penyakitnya terkendali karena ia minum obat-obatan. Kekasih saya meyakinkan bahwa kondisi ibunya stabil.

Yang ditakutkan orangtua saya adalah gangguan jiwa itu bisa menurun ke keturunan kami kelak. Karena ada mitos yang mengatakan demikian. Saya minta bantuan dokter untuk menjelaskan mitos itu agar saya bisa memantapkan hati. Terima kasih.
 
Anggia (24), Jakarta

JAWAB:

Anggia yang baik,
Faktor genetik bukan satu-satunya yang menyebabkan masalah gangguan kejiwaan seperti skizofrenia. Beberapa ahli mengatakan bahwa skizofrenia mirip dengan diabetes melitus yang bukan hanya melibatkan faktor genetik tetapi juga bisa dicegah timbulnya. Faktor lingkungan sangat berpengaruh juga.

Bicara tentang kemungkinan seorang ibu menurunkan kepada anaknya suatu gangguan kejiwaan seperti skizofrenia memang ada tetapi sangat kecil (penelitian mengatakan sekitar 6 persen dari suatu studi epidemiologi).

Paling rentan mengalami gangguan kejiwaan skizofrenia adalah jika pasien memiliki saudara kembar identik. Angka kemungkinan saudara kembar identiknya untuk mengalami skizofrenia juga sebesar 48 persen (Gottesman, 1991). Semoga informasi ini membantu.

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com