Kompas.com - 16/10/2015, 13:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Terlebih untuk Anda yang melakukan olahraga demi mendapatkan hidup yang lebih sehat, bukan semata-mata karena ingin membakar lemak. Olahraga 30 menit sehari ternyata tak berpengaruh banyak terhadap kesehatan, khususnya kesehatan jantung. Begitulah hasil studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Circulation.

Para peneliti menemukan, olahraga selama 30 menit sehari memberikan dampak yang sangat kecil bagi kesehatan jantung. Bila ingin mengurangi risiko serangan jantung hingga 35 persen, maka peneliti merekomendasikan Anda untuk olahraga dua kali lebih lama, yaitu minimal satu jam. Bahkan, semakin lama tubuh berkeringat dan denyut jantung berdenyut cepat, jantung akan semakin sehat.

Untuk hasil yang maksimal, peneliti juga menyarankan untuk melakukan olahraga selama 2 jam dengan ritme yang tidak konstan. Misalnya, 30 menit pertama Anda gunakan untuk berlari, 30 menit selanjutnya lakukanlah olahraga yang lebih memacu jantung, seperti aerobik, lalu akhiri dengan olahraga yang low impact seperti berenang atau yoga.

Saat usia masih terbilang muda, kesehatan jantung mungkin belum menjadi prioritas utama. Padahal, kesehatan jantung bergantung dari kebiasaan yang dilakukan saat seseorang masih dalam usia produktif. Jadi, saat semangat, energi, dan waktu Anda masih bisa disalurkan untuk pergi ke gym, lakukanlah demi jantung yang lebih sehat.

“Mungkin Anda perlu membeli beberapa lagu baru untuk playlist dan menyediakan waktu lebih lama di gym, namun “harga” itu tak seberapa demi mendapatkan hidup yang lebih panjang,” ungkap salah satu peneliti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.