Berhubungan Seks Bantu Atasi Batu Ginjal?

Kompas.com - 16/10/2015, 20:20 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk mengatasi batu ginjal adalah operasi. Namun, penelitian terbaru ini menemukan cara lain, yaitu dengan berhubungan seksual bagi pasangan suami dan istri.

Peneliti dari Clinic of Ankara Training and Research Hospital di Ankara, Turki menyarankan, berhubungan seks setidaknya dilakukan tiga sampai empat kali per minggu untuk dapat mengatasi batu ginjal.

Peneliti yang juga dari Departemen Urologi di rumah sakit melibatkan 75 peserta dan membaginya dalam tiga kelompok. Kelompok pertama diminta melakukan hubungan seks tiga sampai empat kali per minggu, kelompok kedua diberikan tamsulosin, yaitu obat yang mengendurkan otot prostat pada pria sehingga buang air kecil menjadi lebih sering, dan ketiga, pasien diberi perawatan medis standar untuk pengobatan batu ginjal.

Setelah dua minggu, peneliti menemukan bahwa 26 dari 31 peserta dari kelompok yang diminta berhubungan seksual berhasil mengeluarkan batu ginjal mereka. Pada kelompok kedua, sebanyak 10 dari 21 peserta yang berhasil, dan kelompok ketiga hanya 8 dari 23 peserta yang berhasil mengatasi batu ginjalnya.

Batu ginjal yang berhasil dikeluarkan rata-rata berukuran 4,7 milimeter. Sementara dalam penelitian serupa yang dipublikasikan di Annals of Emergency Medicine mengungkapkan, berhubungan seks nampaknya hanya efektif untuk mengobati batu ginjal yang ukuranya masih kecil.

Jika ukurannya sudah lebih besar, dokter harus beralih memberikan obat tamsulosin. Diungkapkan peneliti, pasien yang diberikan tamsulosin, sebanyak 83,3 persen berhasil menyembuhkan batu ginjal berukuran 5-10 milimeter.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X