Kompas.com - 19/10/2015, 13:39 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Lidah merupakan salah satu bagian penting di mulut kita. Tanpa lidah, seseorang tak mampu bicara hingga makan. Lidah pun bagian yang tak lepas dari masalah, seperti lidah berwarna putih dan sariawan di lidah. Di samping itu, ternyata ada beberapa masalah aneh lainnya yang bisa muncul pada lidah Anda. Berikut empat masalah aneh pada lidah.

Lidah geografis

Lidah geografis merupakan bagian permukaan lidah yang terlihat seperti gambar peta. Permukaan lidah biasanya dilapisi oleh papila, yaitu bintik-bintik kasar pada permukaan lidah. Namun, pada lidah geografis tidak.

Bentuknya bahkan bisa berubah-ubah. Kondisi ini mungkin membuat lidah Anda terlihat aneh. Namun, lidah geografis merupakan masalah yang tidak terlalu bahaya dan tidak terkait adanya jenis kanker maupun infeksi.

Penyebab lidah geografis hingga saat ini belum diketahui pasti. Hanya sekitar 1-3 persen orang yang ditemui mengalami masalah ini. Lidah geografis sebagian besar akan menghilang dengan sendirinya. Namun, sebaiknya periksa ke dokter, apalagi jika terjadi peradangan.

 
Lidah hitam berbulu

Ini munkin kondisi paling aneh yang ditemui pada lidah manusia, yaitu berwarna hitam dan berbulu. Kondisi ini disebabkan banyaknya pertumbuhan bakteri dan jamur di mulut sehingga terjadi penumpukkan pada papila.

Lidah berwarna hitam ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu kebiasaan merokok, terlalu banyak minum kopi, dehidrasi, serin menggunakan antibiotik, dan kebersihan mulut yang buruk. Untungnya, kondisi ini tidak terlalu membahayakan kesehatan.

Lidah hitam berbulu bisa diatasi dengan menyikat ggi yang benar dan membersihkan lidah serta banuak monum air putih.

Lidah pecah-pecah

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.