Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2015, 09:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com- Biasanya, orang dewasa menderita flu sekitar satu atau dua kali dalam setahun. Jika Anda mengalaminya lebih dari jumlah itu atau mudah terserang penyakit, sudah bisa dipastikan kondisi tubuh sedang di level yang rendah.

Bulan ini pilek, bulan depan demam, dua bulan kemudian batuk-batuk, ini tentu akan membuat sengsara. Oleh sebab itu, Anda perlu mewaspadai kondisi tubuh sendiri. Bagaimana mengetahui ketika daya tahan tubuh mulai melemah?

1. Kelebihan ‘si manis’. Studi yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, lima jam setelah kita mengonsumsi 100 gram gula, kemampuan sel darah putih melawan kuman akan turun drastis. Seratus gram gula sama dengan tiga kaleng minuman bersoda ukuran sedang.

2. Timbangan naik terus. Satu penelitian yang melibatkan pasien-pasien flu babi menyebutkan, bahwa para penderitanya memiliki ciri khas yang sama, yaitu indeks massa tubuhnya lebih dari 40. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, peradangan, dan mengganggu kemampuan tubuh melawan infeksi.

3. Rongga hidung terlalu kering. Rongga hidung tersumbat lendir atau pilek dan rongga hidung terlalu kering, sama tidak baiknya. Lendir di dalam hidung berguna untuk membantu "menjebak" dan membersihkan virus yang masuk. Tak adanya lendir di dalam hidung, sama artinya memberi jalan masuk bagi kuman untuk menyerang pertahanan tubuh tanpa ada perlawanan.

4. Air seni keruh. Itu adalah tanda Anda kurang minum. Tubuh membutuhkan cukup air putih untuk mengeluarkan racun. Kebutuhan minum setiap orang berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuh dan aktivitas masing-masing. Cara mengetahui apakah sudah cukup minum atau belum adalah dengan melihat warna urin. Urin yang baik adalah yang berwarna jernih atau kuning muda jernih.

5. Uring-uringan. Bukan kebetulan kalau Anda terserang virus influenza kala pekerjaan di kantor sedang menumpuk. American Psychological Association melaporkan, stres yang sering ditandai dengan uring-uringan, dalam jangka panjang dapat melemahkan respon kekebalan tubuh. Jika stres saat sedang flu, bisa dipastikan gejala yang akan dialami pasti akan lebih buruk lagi.

Ketika daya tahan tubuh sedang lemah, sangat penting bagi Anda makan makanan bergizi dan cukup istirahat. Olahraga dengan intensitas moderat setiap hari juga dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit tidak mudah menyerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com