Kompas.com - 23/10/2015, 07:10 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Duduk sambil menyilangkan kaki tanpa disadari sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Duduk dengan posisi ini juga membuat kita lebih nyaman. Adakah efeknya bagi kesehatan?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menyilangkan kaki dapat menyebabkan varises, kerusakan saraf dan tekanan darah tinggi.

Berdasarkan laporan dari BBC disebutkan, "Tidak ada efek kerusakan, asalkan tidak duduk dengan posisi yang sama sampai kaki terasa kebas".

Duduk dengan posisi kaki yang sama selama waktu yang cukup lama akan menyebabkan kelumpuhan saraf. Kondisi ini disebut peroneal nerve palsy. Hal ini bisa terjadi pada posisi duduk apa pun.

Walau studi menemukan bahwa posisi duduk sambil menyilangkan kaki berisiko tinggi menaikkan tekanan darah, tapi tidak berdampak jangka panjang. Tekanan darah bisa kembali normal jika posisi duduk kembali normal, kecuali jika Anda memiliki risiko besar mengalami pembekuan darah.

Mengenai risiko varises, ternyata hal ini belum terbukti. Satu pendapat mengatakan, varises bisa disebabkan faktor keturunan. Tetapi yang lain mengatakan menyilangkan kaki bisa merusak pembuluh darah sehingga terjadi kebocoran.

Tetapi, menyilangkan kaki ternyata juga punya manfaat, yakni cara sederhana menolong orang yang pingsan. Intinya adalah kemungkinan terjadi kerusakan masih ada, namun tidak begitu parah. (Muthia Zulfa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Shine
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.