Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2015, 11:00 WIB
KOMPAS.com - Kulkas menjadi tempat andalan kita menyimpan bahan pangan karena kesegarannya lebih terjaga. Tetapi, kulkas juga bisa menjadi media penularan kuman yang memicu keracunan makanan.

Kuman dan bakteri bisa berasal dari tumpahan cairan atau dari bahan makanan, bahkan meski kita sudah mencucinya sebelum menyimpan. Sebagian bakteri bahkan bisa hidup sampai seminggu di kulkas.

Mencuci sayuran dan buah beberapa detik di bawah air mengalir ternyata tidak cukup untuk menyingkirkan kuman, debu, atau pestisida di dalamnya.

Cara menyimpan
Biarkan buah dan sayuran tetap berada di plastik dari pada mengeluarkannya dan meletakknya langsung di kulkas. Tetapi agak longgarkan sedikit plastiknya agar kelembaban bisa keluar dan mencegah pertumbuhan jamur.

Cara membilas
Cucilah setiap jenis sayur dan buah-buahan di bawah air mengalir selama 30-60 detik. Sebenarnya dengan air keran tanpa sabun pun sudah cukup bersih asalkan dibilas dalam waktu tersebut.

Cara menggosok
Gunakan tangan untuk menggosok kulit buah agar kuman dan bakteri gampang dihilangkan. Tetapi jangan menggosok terlalu keras. Untuk buah atau sayuran yang keras, Anda bisa memakai sikat khusus buah-buahan atau sikat gigi bersih.

Penggunaan sikat itu terutama untuk sayuran yang memiliki celah kecil, seperti brokoli atau kembang kol. Jangan lupa mencuci permukaan jeruk, melon, atau semangka, meski Anda akan mengupasnya.

"Saat kita memotong bahan pangan dengan pisau, bakteri di permukaan bisa masuk ke dalam," kata Sandria Godwin, profesor di College of Agriculture, Human and Natural Science, Tennessee State University, AS.

Cara merendam
Kebanyakan buah dan sayuran tidak perlu direndam, kecuali sayuran berdaun hijau seperti bayam, daun singkong, atau selada. Setelah direndam, bilas di bawah air mengalir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com