Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2015, 08:00 WIB
KOMPAS.com - Pernikahan yang tidak bahagia bukan hanya membuat hidup terasa hambar, tapi juga berdampak pada kesehatan. Salah satu riset menunjukkan, pasangan yang tidak berbahagia memiliki tekanan darah lebih tinggi.

Hasil penelitian itu menambah panjang daftar alasan mengapa memiliki pernikahan yang tidak bahagia berdampak pada jiwa dan raga.

Pernikahan merupakan salah satu langkah besar dalam kehidupan seseorang. Berubahnya status ini tentu memiliki dampak pada kesejahteraan seseorang.

Faktor yang memengaruhinya bermacam-macam, mulai dari kehadiran anak, pasangan yang suportif, perasaan cinta, dan masih banyak lagi.

Dalam studi berskala kecil, melibatkan 94 pasangan suami istri, dibandingkan bagaimana hubungan yang bahagia, tidak bahagia, dan biasa saja, berpengaruh pada tekanan darah.

Pasangan yang merasa tidak berbahagia dan merasa pernikahannya biasa saja, memiliki tekanan darah lebih tinggi dibanding pasangan berbahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com