Kompas.com - 27/10/2015, 08:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Pernikahan yang tidak bahagia bukan hanya membuat hidup terasa hambar, tapi juga berdampak pada kesehatan. Salah satu riset menunjukkan, pasangan yang tidak berbahagia memiliki tekanan darah lebih tinggi.

Hasil penelitian itu menambah panjang daftar alasan mengapa memiliki pernikahan yang tidak bahagia berdampak pada jiwa dan raga.

Pernikahan merupakan salah satu langkah besar dalam kehidupan seseorang. Berubahnya status ini tentu memiliki dampak pada kesejahteraan seseorang.

Faktor yang memengaruhinya bermacam-macam, mulai dari kehadiran anak, pasangan yang suportif, perasaan cinta, dan masih banyak lagi.

Dalam studi berskala kecil, melibatkan 94 pasangan suami istri, dibandingkan bagaimana hubungan yang bahagia, tidak bahagia, dan biasa saja, berpengaruh pada tekanan darah.

Pasangan yang merasa tidak berbahagia dan merasa pernikahannya biasa saja, memiliki tekanan darah lebih tinggi dibanding pasangan berbahagia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.