Kompas.com - 30/10/2015, 19:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Jumlah angka di timbangan mungkin bukan satu-satunya angka yang perlu dikhawatirkan. Jika Anda berusia 40 tahun atau lebih dan juga memiliki berat badan berlebih, sebaiknya Anda memeriksa kadar gula darah.

Kadar gula darah yang tidak normal, yakni jika angkanya lebih dari 100 mg/dL saat puasa dan lebih dari 140 mg/dL dua jam setelah makan.

Jika angka-angka gula darah Anda lebih dari itu, itu berarti tubuh tidak bisa memecah dan menggunakan gula seperti seharusnya. Risiko terkena diabetes melitus pun lebih besar.

Kadar gula darah yang tinggi tapi belum termasuk dalam kriteria diabetes tetap perlu diwaspadai. Ini berarti Anda masuk dalam tahap pra-diabetes. Jika gaya hidup, seperti pola makan dan aktivitas fisik, bisa diubah, maka kemungkinan diabetes melitus bisa dicegah.

Para ahli kesehatan di Amerika Serikat mengeluarkan rekomendasi baru pemeriksaan kadar gula darah ini bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas dan kegemukan.

Tujuan dari pemeriksaan itu adalah untuk menangkap masalah diabetes sejak awal, bahkan sebelum ada gejala yang muncul. Dengan perubahan gaya hidup, kita pun bisa terhindar dari penyakit yang kini banyak diderita ini.

Walau rekomendasi tersebut ditujukan untuk orang berusia 40 tahun ke atas, tapi jika Anda masih berusia lebih muda pemeriksaan gula darah pun bermanfaat. Apalagi orang Asia memang memiliki risiko lebih besar terkena diabetes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Menshealth

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.