Sulit Menahan Keinginan Masturbasi, Harus Bagaimana?

Kompas.com - 31/10/2015, 19:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorLusia Kus Anna
TANYA:

Selamat pagi dokter. Saya mahasiswi berusia 22 Tahun. Saya terlalu cepat mengalami rangsangan dan lebih parahnya saya sulit untuk mengontrol rasa keinginan saya untuk tidak masturbasi. Apakah keseringan masturbasi bisa menurunkan cara kerja otak dan apakah seusia saya ketika sering melakukan masturbasi akan berdampak pada kesehatan vagina saya? Terimakasih.
 
Rahma (22), Makassar

JAWAB:

Masturbasi bukanlah sesuatu yang luar biasa. Semua pria pernah melakukan masturbasi, bahkan tanpa disadari anak-anak juga melakukan masturbasi. Sebagian besar perempuan juga pernah melakukan masturbasi, termasuk anak perempuan.

Tidak ada pengaruh apapun karena melakukan masturbasi, termasuk pada  kesehatan vagina dan kerja otak. Tetapi kalau masturbasi menggunakan alat bantu yang dimaksukkan ke dalam vagina, tentu jangan sampai menimbulkan infeksi pada vagina. Karena itu kebersihan alat bantu harus diperhatikan.  

Pada umumnya setelah orang mempunyai pasangan seksual, masturbasi akan ditinggalkan kecuali pada keadaan tertentu.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X