Kompas.com - 02/11/2015, 15:51 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Saat Anda dalam misi menurunkan berat badan, memilih makanan yang akan masuk ke dalam tubuh merupakan salah satu kunci dalam mencapai berat badan ideal. Meski begitu, menurut Ricki Friedman, seorang praktisi kesehatan yang juga pencetus situs diet Break the Weight, apa yang Anda makan dan kapan makanan tersebut dimakan merupakan dua hal yang sama-sama krusial dalam program penurunan berat badan. Dengan kata lain, memilih jam makan bisa menjadi penentu sukses atau gagalnya diet.

Menurut Ricki, waktu terbaik untuk makan besar ialah pada jam 12 siang hingga 5 sore. Karena pada saat itulah, seseorang masih memiliki waktu untuk beraktivitas setelah makan, seperti bekerja, berjalan-jalan, serta aktivitas lain yang bisa mendukung kinerja pencernaan.

Sehingga, tubuh masih memiliki kesempatan untuk mengubah kalori yang masuk menjadi energi. Hasilnya, tubuh hanya akan menyimpan sedikit kalori yang tak terpakai sebagai cadangan lemak.

“Bila makan besar dilakukan lewat dari jam tersebut, seperti makan jam 7 malam misalnya, seseorang cenderung memilih bersantai setelah seharian penuh bekerja. Pilihan itu bukanlah ide yang baik bila menginginkan tubuh yang bebas tumpukan lemak. Saat bangun pagi pun, tubuh akan terasa kurang berenergi, penceranaan juga cenderung terganggu,” ujar Ricki.

Mengikuti saran milik Ricki memang terasa mudah, toh Anda tinggal memilih makan buah atau sayur setelah lewat dari jam 5 sore. Namun, Ricki menemukan fakta sebaliknya. Klien-kliennya mengaku kesulitan melakukannya, walau awalnya terdengar sangat mudah. Ricki berpendapat, tidak makan berat di waktu malam merupakan sebuah tantangan emosional, jauh lebih berat ketimbang tantangan fisik seperti berolahraga.

“Kebanyakan orang melakukan makan malam bukan hanya karena lapar, namun untuk menghilangkan rasa jenuh atau untuk membangun suasana saat bertemu dengan kerabat. Sehingga makan dirasa mampu membangun mood baik,” lanjut Ricki.

Walau begitu, bukan berarti Anda tak boleh makan enak di waktu malam. Ricki menambahkan, makan pizza tidaklah berdosa selama jumlah yang dimakan hanya 1 atau 2 slice kecil. Saat makan pasta jenis lain pun, ajak seseorang untuk berbagi dan ambillah setengah porsi.

“Setelah itu, berjalanlah selama 30 menit. Aktivitas tersebut tak hanya membantu Anda mencapai berat badan ideal, namun bisa membuat Anda merasa lebih baik, ringan, dan puas keesokan harinya,” kata Ricki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.