Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2015, 20:21 WIB

KOMPAS.com - Anjing adalah salah satu hewan yang paling sering dipilih sebagai hewan peliharaan. Selain tingkahnya yang menggemaskan, anjing juga dipercaya sebagai hewan yang setia. Ternyata, bukan hanya itu, memelihara anjing juga dapat membuat tubuh lebih sehat.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menemukan, bahwa anjing peliharaan dapat membantu anak-anak terhindar dari asma. Paparan anjing pada tahun pertama kehidupan dikaitkan dengan berkurangnya risiko asma hingga 13% pada masa kanak-kanak. Temuan diperoleh setelah meneliti 650.000 anak-anak.

Temuan, yang dimuat di JAMA Pediatrics, ini mendukung gagasan bahwa hewan peliharaan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah alergi.

Lebih banyak bukti masih diperlukan – apalagi studi terakhir telah menemukan hasil yang bertentangan.

Tentu saja, untuk anak yang sudah alergi terhadap anjing, membeli anak anjing tidak akan menjadi ide yang baik, kata para peneliti Swedia.

 

Teman terbaik manusia?

Hewan adalah penyebab umum alergi, dengan setengah dari anak-anak penderita asma alergi terhadap kucing dan 40% alergi terhadap anjing, menurut lembaga amal Allergy UK.

Ketika hewan membersihkan diri sendiri, mereka menjilat. Sel-sel kulit yang tercakup dalam air liur - bulu binatang - adalah gudang ‘penyakit’.

Anak-anak yang dibesarkan dengan anjing di rumah mereka, memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk memiliki asma pada usia tujuh tahun, dibandingkan anak-anak yang tidak memelihara anjing.

Hidup di sebuah peternakan dengan banyak hewan tampaknya memberikan perlindungan bahkan lebih, memotong risiko asma sekitar 50%.

Pemimpin penelitian Prof Tove Fall, dari Universitas Uppsala di Swedia mengatakan, "Hasil penelitian kami menegaskan bahwa anak-anak yang dibesarkan dengan anjing memiliki risiko asma 15% lebih kecil dibanding anak-anak tanpa anjing."

Namun, jika Anda alergi dan hidup dengan hewan peliharaan, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko memiliki reaksi alergi. Seperti yang disarankan Asthma berikut ini:

* Cobalah untuk menjaga hewan peliharaan keluar dari kamar tidur.

* Perawatan rutin termasuk memandikan kucing dan anjing dapat membantu.

* Anda bisa mencoba menggunakan filter udara dan vacuum cleaner efisien. Ini mungkin membantu bagi orang yang memiliki alergi kucing; meski bukti manfaat ini masih belum jelas.

* Tidak ada jenis anjing yang benar-benar "non-alergi", karena mereka semua sama-sama memiliki bulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com