Kompas.com - 03/11/2015, 20:21 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anjing adalah salah satu hewan yang paling sering dipilih sebagai hewan peliharaan. Selain tingkahnya yang menggemaskan, anjing juga dipercaya sebagai hewan yang setia. Ternyata, bukan hanya itu, memelihara anjing juga dapat membuat tubuh lebih sehat.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menemukan, bahwa anjing peliharaan dapat membantu anak-anak terhindar dari asma. Paparan anjing pada tahun pertama kehidupan dikaitkan dengan berkurangnya risiko asma hingga 13% pada masa kanak-kanak. Temuan diperoleh setelah meneliti 650.000 anak-anak.

Temuan, yang dimuat di JAMA Pediatrics, ini mendukung gagasan bahwa hewan peliharaan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah alergi.

Lebih banyak bukti masih diperlukan – apalagi studi terakhir telah menemukan hasil yang bertentangan.

Tentu saja, untuk anak yang sudah alergi terhadap anjing, membeli anak anjing tidak akan menjadi ide yang baik, kata para peneliti Swedia.

 

Teman terbaik manusia?

Hewan adalah penyebab umum alergi, dengan setengah dari anak-anak penderita asma alergi terhadap kucing dan 40% alergi terhadap anjing, menurut lembaga amal Allergy UK.

Ketika hewan membersihkan diri sendiri, mereka menjilat. Sel-sel kulit yang tercakup dalam air liur - bulu binatang - adalah gudang ‘penyakit’.

Anak-anak yang dibesarkan dengan anjing di rumah mereka, memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk memiliki asma pada usia tujuh tahun, dibandingkan anak-anak yang tidak memelihara anjing.

Hidup di sebuah peternakan dengan banyak hewan tampaknya memberikan perlindungan bahkan lebih, memotong risiko asma sekitar 50%.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.