Kompas.com - 09/11/2015, 09:01 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Gejala yang paling mengganggu dari reumatoid arthritis atau peradangan kronis pada sendi adalah nyeri, sendi kaku, dan pembengkakan sendi. Tiga gejala itu berasal dari sumber yang sama: peradangan.

Reumatoid arthritis (RA) termasuk penyakit autoimun, yang hingga saat ini belum bisa disembuhkan dan dapat mengurangi harapan hidup seseorang.  Ketika RA kambuh, penderitanya akan sangat tersiksa. Mereka perlu minum obat dan ini akan terus berulang seumur hidup.

Banyak pasien Reumatoid arthritis merasa keberatan dengan kewajiban minum obat yang terus berulang. Mereka ingin sesuatu yang alami yang bisa mengurangi rasa sakit mereka sekaligus dapat membantu mengurangi jumlah obat yang harus dikonsumsi dan efek sampingnya, kata Lona Sandon, ahli nutrisi dan juru bicara American Dietetic Association yang juga pasien reumatoid arthritis.

Harapan para pasien ini tidak sia-sia. Ada beberapa bahan makanan alami yang bisa membantu mereka. Hanya saja, para ahli belum mengetahui seberapa banyak senyawa dalam makanan-makanan itu yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Namun, Sandon menambahkan, menyantap sesuatu yang baik tidak pernah akan membuat kondisi kesehatan menjadi lebih buruk. Dan inilah beberapa makanan yang bisa membantu meringankan peradangan reumatoid arthritis.

Minyak Zaitun

Para ilmuwan tertarik dengan manfaat antiradang minyak zaitun karena nampaknya orang-orang yang menerapkan pola makan ala Mediterania memiliki risiko lebih rendah mengalami gangguan kesehatan terkait peradangan seperti nyeri sendi dan diabetes. Minyak zaitun murni diketahui mengandung senyawa ibuprofen. Ibuprofen biasa digunakan sebagai obat antinyeri dan antiradang.

Sitrus

Buah-buahan kelompok sitrus seperti jeruk, jeruk keprok, dan lemon, sarat dengan kandungan vitamin C, komponen makanan yang diperlukan untuk sintesis kolagen, yang membantu membangun dan memperbaiki pembuluh darah, tendon, ligamen, dan tulang. Karena itu, kelompok sitrus ini dapat membantu  orang dengan RA, kata Sandon.

Buah jeruk juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Seperti kita tahu, antioksidan adalah senyawa yang ampuh untuk melawan peradangan. Total asupan vitamin C yang dianjurkan adalah75 mg perhari untuk wanita dewasa, dan 90 mg perhari untuk pria dewasa, saat Rekomendasi US uang saku

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.