Kompas.com - 11/11/2015, 11:11 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda memiliki pola makan seimbang, cukup tidur, berolahraga teratur dan selalu memakai krim tabir surya. Anda merasa sudah memilih yang sehat dalam semua aspek kehidupan Anda.

“Tapi, Anda tetap harus hati-hati mengenai satu hal yang bisa meningkatkan risiko darah tinggi dan diabetes hingga dua setengah kali lipat," kata Michael Holick, MD, penulis buku The Vitamin D Solution dan profesor bidang pengobatan, fisiologi, dan biofisika di Boston University Medical Center.

Faktanya, menurut Harvard School of Public Health sekitar satu juta orang di dunia menderita kekurangan vitamin D.

Kekurangan vitamin D akan menyebabkan gejala-gejala tertentu. Jika Anda mengalami satu atau lebih gejala berikut ini, sebaiknya minta kepada dokter untuk melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui berapa kadar vitamin D yang perlu Anda penuhi, saran Carole Beggarly, direktur GrassrootsHealth, badan nirlaba gerakan penyadaran fungsi vitamin D.

1. Keringat berlebihan

Sulit untuk mengetahui apakah bayi yang baru lahir kekurangan vitamin D, tapi dahi berkeringat adalah salah satu gejala pertama yang mencolok, kata Holick. Hal yang sama berlaku untuk orang dewasa.

Jadi, jika dahi Anda basah namun tingkat aktivitas Anda tetap stabil, suhu Anda sekitar 37°C dan Anda berada dalam lingkungan bersuhu sedang, Anda mungkin perlu mempertimbangkan tes vitamin D.

2. Merasa dan terlihat lelah

Otot yang kuat bukan hanya untuk olahraga, tapi juga perlu untuk aktivitas sehari-hari. Kekurangan vitamin D dapat membuat Anda merasa terlalu lelah, bahkan ketika Anda cukup tidur.

Asupan vitamin D dalam jumlah yang tepat akan membantu Anda mempertahankan kekuatan setiap serat otot Anda, baik  Anda berusia muda atau tua.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X